Home » , » Marinir Bangun Monumen ENCAP MNEK 2018 Di Malomba Mataram

Marinir Bangun Monumen ENCAP MNEK 2018 Di Malomba Mataram

Written By portal komando on 5 Apr 2018 | 4:24 PM



PK,.Sebagai simbol peristiwa bersejarah di tahun 2018 yang dimiliki oleh TNI AL, yaitu dilaksanakanya Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 di Lombok Mataram dan Nusa Penida, maka dibangunlah Tugu MNEK 2018 di Taman Malomba, Kota Mataram, Nusa Tengara Barat, Kamis (05/04/2018).

Monumen yang berbentuk Tugu Mercusuar merupakan simbol dari peristiwa bersejarah tentang latihan dan kerjasama Angkatan Laut seluruh dunia dengan tema “Corporporate To Respond Disaster And Humanitarian Issues”, selain itu dengan adanya monumen yang dilaksanakan pada tahun 2018 di Lombok dan Nusa Penida ini mempunyai 7 arti dan filosofi.

Adapun filosofi yang pertama pondasi dan bangunan berbentuk segi lima melambangkan Lima Sila dari Pancasila, yang kedua anak tangga sejumlah 3 tingkat melambangkan Trisila TNI-AL, yang ketiga bangunan setinggi 9,1 meter berbentuk Mercusuar dengan satu lampu di setiap sisinya sebagai tanda Navigasi Laut, yang keempat warna bangunan utama terdiri dari 5 warna merah dan 4 warna putih melambangkan Lencana Perang, yang kelima Mahkota Tugu setinggi 2,18 meter berbentuk kubah bermotif Sasak melambangkan ciri khas masyarakat Lombok dan yang keenam warna hijau dan kuning keemasan pada Mahkota melambangkan kemakmuran dan kejayaan.

Monumen dengan tinggi 11,28 meter dengan lebar diameter 4,5 meter ini dibangun oleh 15 prajurit Marinir dipimpin Pelda Mar Suhadi dari Pasmar-1 dengan rencana pembangunan selama 30 hari, yang sebelumnya prajurit Pasmar-1 ini telah menyelesaikan pekerjaan pengecoran jalan di Dusun Gubuk Baru Nyanget, Desa Tanjung Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

Pada kesempatan ini, Koorbid ENCAP MNEK 2018 Kolonel Marinir Arinto Beny Sarana mengatakan dengan adanya monumen tersebut diharapkan dapat menambah keindahan Taman Malomba dan berpesan kepada prajurit yang sedang melaksanakan pembangunan Tugu MNEK, agar membangun tugu monumen dengan kualitas tinggi, mengerahkan fikiran dan tenaga kalian secara maksimal, karena yang kalian bangun ini merupakan tonggak sejarah bagi masa depan bangsa sebagai Negara Maritim dan Bangsa Bahari, menjadi simbol kebangkitan pemuda bangsa khususnya di wilayah Nusa Tengara Barat.

Ikut hadir dalam kegiatan pembangunan Tugu MNEK, Wakoorbid ENCAP MNEK 2018 Letkol Mar Didik Widiyoko, Parwira Staf Intel dan Operasi Letkol Marinir M Nur Rohman, S.E, M. Tr. Hanla dan Pasi Intel/Ops Mayor Marinir Achmad Muthohar.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando