Home » » Melewati TMMD, Kodim 0731 Kulon Progo, Bangun Karakter Desa Sidorejo Menuju Kemandirian Bangsa.

Melewati TMMD, Kodim 0731 Kulon Progo, Bangun Karakter Desa Sidorejo Menuju Kemandirian Bangsa.

Written By portal komando on 5 Apr 2018 | 10:14 AM


Yogya Barat. TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2018, Kodim 0731/Kulon Progo dilaksanakan di Desa Sidorejo, Kecamatan Lendah. Upacara Pembukaan diselenggarakan pada Rabu (04/04/18), mulai pukul 09.00 WIB bertempat di Lapangan Sidorejo. Dengan Inspektur Upacara Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp. OG(K). 
 

Hadir pada kesempatan ini
1. Letkol Arm Teguh Tri Prihanto Usman S.Sos MM Komandan Kodim 0731/KP, 
2. Letkol Heri Setiyono Kodam IV/ Diponegoro.
3. Ka Ajenrem 072/Pmk diwakili Letda Caj Sodikin.
4. Kompol Dedi Suryadarma WaKapolres Kulon Progo, 
5. Ajrudin Akbar anggota DPRD Kab Kulon Progo Fraksi PKS.
6. Iptu Teguh Danki Por Brimobda Sentolo
7. Kapten Lek Supratman, Kadis Ops Satuan Radar 215 Congot.
8. Peltu Pom Ali Sarjoko Danpos Al Karangwuni
9. Sumiran Camat Lendah
10. Seluruh Danramil Kodim 0731/Kulon Progo
11. AKP Sutarno Kapolsek Lendah berikut anggota dan Bhayangkari.
12. Persit Kartika Candra kirana Cabang XXXII.
13. Seluruh Muspika, Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat se Kecamatan Lendah. Tampak Masyarakat Sidorejo juga tampak antusias mengikuti jalannya acara dari tepi lapangan.

TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2018 di Desa Sidorejo memiliki dua sasaran yaitu sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik meliputi corblok jalan 1.025 x 2.5 x 0,12 m, pembuatan Pos Kamling satu unit dan finishing tempat wudhu dan kamar mandi Masjid Al-Ikhlas. Sedangkan sasaran Non Fisik meliputi pembinaan mental dan agama, penyuluhan tentang radikalisme dan kamtibmas, bela negara dan wasbang, narkoba, kenakalan remaja dan penyakit masyarakat, perilaku hidup sehat dan KB, pertanian, penanggulangan bencal. Diharapkan dengan pembinaan/penyuluhan ini dapat memberi tambahan wawasan bagi warga masyarakat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Anggaran yang digunakan berasal dari APBD Propinsi 75 juta, APBD Kabupaten 150 juta dan Swadaya Masyarakat 10 juta.

Pelaksanaan TMMD selama 30 hari terhitung mulai tanggal 4 April 2018 dan akan berakhir pada tanggal 3 Mei 2018. Personel yang dilibatkan setiap harinya terdiri dari : Kodim 0731/Kulon Progo: 30 orang, Satradar 215 Congot: 5 orang, Kanminvetcad Kulon Progo: 2 orang, Pos TNI AL: 1 orang, Polres Kulon Progo: 5 orang, Tagana: 5 orang, Satpol PP: 5 orang, Masyarakat, KBT dan Apem: 50 orang.

Bupati Kulon Progo dalam amanatnya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mengucapkan terima kasih dan dukungan sepenuhya kepada Kodim 0731/Kulon Progo, Perangkat Desa, LPMD Sidorejo dan seluruh unsur terkait yang telah bersedia menyiapkan kegiatan ini dengan baik. TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2018, secara serentak di seluruh Indonesia dibuka pada hari ini Rabu, tanggal 4 April 2018 dengan mengambil tema “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa”. Kegiatan manunggal antara TNI-Rakyat sudah dimulai sejak dulu dengan istilah ABRI Masuk Desa (AMD) dan sekarang menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Hasil dari kegiatan ini sangat nyata dan masih dapat kita lihat pembangunan dan manfaatnya. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan berkelanjutan. Dari 88 desa yang ada di Kabupaten Kulon Progo masih ada beberapa desa yang dikategorikan desa tertinggal, sehingga masih membutuhkan program pembangunan yang berkesinambungan, seperti program TMMD yang mulai dilaksanakan pada hari ini.

Pada Upacara Pembukaan ini dilakukan penandatanganan Naskah Program TMMD antara Bupati dan Dandim 0731/Kulon Progo, pemukulan kentongan oleh Irup sebagai tanda dibukanya TMMD. Setelah upacara hadirin dihibur dengan pementasan kesenian Oglek dari Sidorejo. (NSR/bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando