Home » , » OPERASI GABUNGAN PENGAMANAN HUTAN DAN HASIL HUTAN BERSAMA KLHK, LANTAMAL XIV, DAN DITJEN HUBLA KSOP KELAS I SORONG

OPERASI GABUNGAN PENGAMANAN HUTAN DAN HASIL HUTAN BERSAMA KLHK, LANTAMAL XIV, DAN DITJEN HUBLA KSOP KELAS I SORONG

Written By portal komando on 10 Apr 2018 | 5:02 PM


PK,.Sorong, 10 April 2018. Wakil Komandan (Wadan) Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Alex Syahril, S. E. bersama Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan/ Ditjen Gakkum LHK Drh. Indra Exploitasia telah melakukan operasi gabungan pengamanan hutan dan hasil hutan bersama Lantamal XIV, Balai Gakkum Papua, serta Kaops KPLP Kelas I Sorong Ditjen Perhubungan Laut selama 5 (lima) hari. Operasi gabungan tersebut berhasil menangkap 2 (dua) kapal yaitu KLM Arjuna Putra 04 dan KLM Sinar Maros yang bermuatan kayu ilegal sebanyak 223 m3 diduga dari kawasan Cagar Alam Salawati Utara bertempat di perairan kolam bandar Sorong Provinsi Papua Barat.

Operasi bersama di Sorong dimulai dari hasil intelijen bersama antara Lantamal XIV Sorong dan Ditjen Gakkum KLHK terhadap maraknya aktifitas penebangan liar dan peredaran hasil hutan ilegal di Cagar Alam Salawati Utara. Telah terjadi pergerakan pengangkutan kayu oleh KLM Arjuna Putra 04 dan KLM Sinar Maros dari kawasan konservasi menuju pelabuhan Sorong. Selanjutnya terjadi kegiatan pemindahan kayu dari kapal langsung ke container (pembeli/pemilik kayu). Atas kejadian tersebut, tim gabungan melakukan penyergapan serta mengamankan kayu jenis merbau sebanyak 223 m3 dan melakukan pemeriksaan kepada kapten kapal.

Ditjen Gakkum LHK meyampaikan, intinya “Hari ini kita telah melaksanakan operasi gabungan yang dilakukan mulai tanggal 8 April, dan setelah ini kita juga akan melakukan giat lain yang akan diselesaikan tanggal 13 April. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta para pihak membuktikan bahwa Negara hadir dan kami tidak membiarkan kejahatan kehutanan ini menjadi suatu kejahatan yang terus menerus berlangsung, jadi kami semua disini para pihak membuktikan bahwa kita komitmen untuk memberantas segala kejahatan baik dari jenis ilegal loging, perambahan dan bentuk kejahatan lainnya”.

Wadan Lantamal XIV juga menyampaikan, intinya “Kami hanya mem-backup kegiatan ini dan bersyukur kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik”.

Turut hadir Dansatrol Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Budi Santosa, S. E., Asops Danlantamal XIV Kolonel Laut (P) Rapy Ta’dung, S. E., Asintel Danlantamal XIV Kolonel Laut (KH) Drs. Luxembur Jason Sihombing, M. Si., Kasubdit Gakkum Pamhut KLH Rudiyanto  Saragih Napindo,Danyonmarhanlan XIV Mayor Mar. Moch Chanan Asfihani, M. Tr (Hanla), Dantim Intel Lantamal XIV Mayor Laut (E) Herry, S. T., M. T., M. Tr Hanla., Wadan Tim Intel Lantamal XIV Mayor Mar Alfredo Yowel Antaribaba, Kepala Seksi Wilayah I Papua Barat Adrianus Mosa, Kabit Penjagaan Laut dan Patroli KPLP KSOP Sorong Abd. Muis.








Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando