Home » , » Panglima TNI Resmikan Museum Engine dan 4 Pesawat Legendaris TNI AU

Panglima TNI Resmikan Museum Engine dan 4 Pesawat Legendaris TNI AU

Written By portal komando on 24 Apr 2018 | 5:55 PM



Yogyakarta,PK-Panglima TNI Marsekal TNI hadi Tjahjanto, S.IP hari ini, Selasa (24/4) meresmikan 4 koleksi pesawat dan sekaligus meresmikan museum engine yang dinamai R. Ahmad Imanullah. Peresmian pesawat ditandai berupa penekaan tombol sirine oleh Panglima TNI. Rilis yang diterima melalui Penerangan Lanud Adirsutjipto menyebutkan ke 4 pesawat yang terdiri dari C-130 Hercules, Pesawat Fokker 27 TS, Il Yusin Il-14 Avia dan F-4 Hawker Hunter serta 36 engine dari pesawat tempur, latih, angkut, dan helikopter saat ini telah berada di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala. Keempat koleksi pesawat baru tersebut akan menambah koleksi pesawat yang saat ini telah berjumlah 56 pesawat dari berbagai jenis.

Dalam sambutannya, Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengucapkan terimakasih serta apresiasi yang tinggi kepada semua pihak terutama para senior dan Dankoharmatau yang telah banyak membantu sehingga seluruh kegiatan peresmian keempat pesawat dan museum engine dapat terlaksana dengan lancar. Pada awalnya Panglima berpikir sulit dikerjakan, terutama menggeser Pesawat Hercules 01 dari Margahayu Bandung menuju Yogyakarta.

“Ini merupakan tantangan bagaimana caranya bisa mengembalikan 1301 bisa dikembalikan di Yogyakarta dan berjalan dengan aman dan lancar. Termasuk para tehnisi pesawat dari Malang, Husein Bandung dan Madiun yang telah mendukung suksesnya kegiatan,” imbuhnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Panglima TNI mengatakan TNI AU juga ingin memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi pada seluruh senior yang telah rela mengorbankan dirinya untuk bergabung di TNI Angkatan Udara demi menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI. Nilai-nilai itulah yang kita angkat dan kita persembahkan para senior dengan mengabadikan alutsista yang pernah digunakan diantaranya hercules, Fokker dan Hawker Hunter.

Sementara itu Dankoharmatau Marsda TNI Dento Priyono selaku ketua pelaksana kegiatan peresmian pesawat menyampaikan bahwa peresmian 4 monumen pesawat dan museum engine ini sesuai dengan rencana para Pimpinan TNI Angkatan Udara khususnya alumni AAU Angkatan 86 ( Ademau 86) yang secara bertahap akan melengkapi koleksi Pesawat terbang yang pernah di gunakan TNI AU dalam berbagai operasi dalam mengamankan NKRI. Di Museum inilah merupakan tempat yang paling tepat untuk mengabadikan dokumen-dokumen penting tentang perjalanan TNI Angkatan Udara dalam pengabdiannya dari jaman dahulu hingga sekarang.

“Pesawat F-4 Hawker Hunter di ambil dari Biak menuju Lanud Abdulrahman Saleh Malang. Oleh Sathar 32 Depohar 30 di restorasi, Perjalanan selanjutnya menuju ke Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala untuk diresmikan sebagai salah satu koleksi pesawat peninggalan Belanda agar bertemu dengan calon lawannya saat operasi Trikora yaitu Pesawat MIG-17, MIG-19 dan MIG-21 milik kita yang sudah terlebih dahulu menjadi koleksi di Museum Dirgantara Mandala,” demikian disampaikan Ka Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Dede Nasrudin.

Saat peresmian, juga ditandai dengan penandatanganan prasasti dan naskah berita acara dan miniatur 4 pesawat yang secara simbolis diserahkan dari Panglima kepada Ka Museum Pusat TNI AU Dirgantara. Juga dilaksanakan persmian museum engine R. Ahmad Imanullah serta pemberian kenang-kenangan kepada ahli waris keluarga R Ahmad Imanullah.

Pada saat bersamaan juga diresmikan Airforce Mart oleh Panglima TNI beserta ibu Nanny Hadi Tjahjanto dan Tempat Penitipan Anak Bunda Jupiter Day Care yang lokasinya terletak tidak jauh dari Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna,Wakil Gubernur DIY, Para Asisten Kasau, Pangdam IV Diponegoro, para pejabat Forkopimda DIY, seluruh keluarga besar Ademau 86 (Alumni AAU 86), Herky Family (Hercules), Kalong Family (Fokker) dan Avia Family (Avia), serta tamu undangan lainnya.(AD)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando