Home » » Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad, Kenalkan Beladiri Karate ke Anak-Anak di Perbatasan

Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad, Kenalkan Beladiri Karate ke Anak-Anak di Perbatasan

Written By portal komando on 6 Apr 2018 | 5:22 PM


PK,PAPUA,.– Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad, tepatnya di Pos Koya Koso melatih anak-anak Kampung Koya Koso dengan olahraga beladiri karate. Arso, Kabupaten Keerom, Papua. Jumat (6/4)..

Latihan ini dilaksanakan 3 kali pertemuan dalam seminggu, yaitu hari Senin, Rabu dan Jumat sore, yakni sejak pukul 15.30 s/d 17.00 WIT. Kegiatan pelatihan beladiri karate ini dipimpin langsung oleh Komandan Regu (Danru) 2 Pos Koya Koso, Serda Abdul Syakur bersama 2 orang rekannya, yaitu Praka Kadek dan Prada Adhin.

Praka Kadek dan Prada Adhin merupakan Atlet Karate handal yang dimiliki Yonif Para Raider 501 Kostrad. Praka Kadek pernah menjadi juara I Kejurnas Karate tahun 2010 di Surabaya dan juara III Kejuaraan Piala Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus tahun 2017 di Jakarta. Sedangkan Prada Adhin prestasi terakhirnya pernah menjadi juara III Piala Unitri se-Jawa Bali di Malang tahun 2017.

Pelatihan olahraga beladiri karate ini diikuti oleh 28 anak yang merupakan gabungan pelajar SD dan SMP. Adapun teknik yang dilatihkan berupa dasar kuda kuda, teknik pukulan, tangkisan dan tendangan. Apabila mereka sudah menguasai materi latihan tersebut, maka akan ditingkatkan ke tekhnik kuncian dan perkelahian atau pertarungan.

Antonius, salah seorang peserta latihan yang masih duduk di bangku kelas 5 SD mengatakan bahwa dirinya sangat senang dan bersemangat mengikuti latihan, karena dilatih oleh TNI yang sudah pernah menjadi juara karate. Selain itu, ia juga mengaku bahwa TNI yang melatih tidak pernah kasar, sehingga dia dan teman-temannya tidak merasa takut dalam berlatih.

Sementara itu, Praka Kadek sendiri merasa senang dapat melatih karate ke anak-anak di Perbatasan. Selain sebagai sarana latihan untuk dirinya sendiri, ia juga dapat berbagi ilmu dengan anak-anak.

“Semoga dengan adanya latihan karate ini, anak-anak di perbatasan dapat menjadi pribadi yang lebih disiplin dan dapat menjaga dirinya sendiri, bila perlu dapat berprestasi mengharumkan nama daerah di bidang olahraga beladiri karate”, pungkasnya.










Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando