Home » » Sepakati RoD, Bakamla RI dan USCG Siap Eksekusi Kerja Sama

Sepakati RoD, Bakamla RI dan USCG Siap Eksekusi Kerja Sama

Written By portal komando on 27 Apr 2018 | 6:03 PM


Jakarta, 27 April 2018 (Humas Bakamla RI) --- Melanjutkan kegiatan “Work Group Meeting Between Bakamla and United States Coadt Guard (USCG)” yang membahas peningkatan kapasitas personel kemarin (26/4), kedua belah pihak telah menyepakati kerja sama yang dituangkan ke dalam Record of Discussion (RoD), di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (27/4/2018).

Perwakilan Bakamla RI, Kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Satya Pratama, S.Sos., M.Sc., telah menyepakati beberapa poin kerja sama pelatihan dengan USCG. Kegiatan pelatihan terbagi ke dalam beberapa tingkatan, yaitu pelatihan dasar, pelatihan lanjutan, dan pelatihan penjenjangan karir.

Selain itu, Satya juga menawarkan pelatihan yang menjadi prioritas. Diharapkan tahun ini Bakamla RI sudah dapat mengirimkan beberapa personelnya untuk mengemban pelatihan di salah satu markas USCG di Amerika Serikat.

Bakamla RI selaku perwakilan dari Pemerintah Indonesia mengapresiasi komitmen kerja sama yang dilakukan oleh Pemerintah Amerika Serikat. Diharapkan kolaborasi kedua negara ini dapat memberikan kontribusi positif, khususnya bagi penguatan kapasitas personel Bakamla RI.

Bakamla RI berhasil meyakinkan Senior Maritime Advisor USCG Captain (Ret) James Duval yang melihat langsung komitmen personil Bakamla RI. Kesan itu dirasakan saat bergabung dalam kegiatan olahraga bersama pagi ini di Kantor Pusat Bakamla RI. "Bakamla RI terus memberikan saya kejutan, setiap kali kita membahas keperluan lain, Bakamla RI ternyata sudah menyiapkannya, dan itu benar-benar membantu kita dalam menjalani kerja sama ini”, ujar Duval seraya tersenyum, saat memulai pembahasan.

Menutup pertemuan hari ini, Duval menekankan kembali kesungguhan dirinya dan Tim di USCG demi keberhasilan implementasi dari kerja sama yang telah dibuat. “Kunjungan kami sangat berkesan dan penuh kehormatan, terlebih lagi dengan sambutan yang penuh keramahan dan komitmen besar baik dari Bakamla RI atau Pemerintahan Indonesia, saya sangat berterimakasih yang sebesar-besarnya”, ujarnya menutup pembahasan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kabag Kepegawaian Kolonel (Mar) Budi Santoso, Kasi Perencanaan Pelatihan Operasi Udara Irma Sahara, Kasi Kerja Sama Multiteral dan Organisasi Internasional Hudiyansyah Is Nursal, S.H., M.I.L.I.R., Kasi Kerja Sama Bilateral dan Regional Fenny Sefhirany, S.S., dan perwakilan dari stakeholder Ditjen Amerika dan Eropa, Kementerian Luar Negeri Prayoga.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando