Home » , » Lanal Malang Tanam Pohon Serentak Di Lima Posal

Lanal Malang Tanam Pohon Serentak Di Lima Posal

Written By portal komando on 13 Mei 2018 | 5:22 PM



Lantamal V (13/5),--- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Malang Lantamal V Kolonel Laut (P) Edi Krisna Murti, membuka secara serentak kegiatan penanaman pohon di seluruh Pos TNI AL jajarannya. Penanaman secara simbolis tersebut dilaksanakan Jumat lalu di wilayah Pantai Ngudel Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang,

Sedangkan untuk diwilayah Pantai Tambak Rejo Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar, dipimpin oleh Palaksa Lanal Malang Letkol Laut (KH) Drs. Muriyanto.

Ketiga, di Pantai Coro Desa Besole Kecamata Besuki Kabupaten Tulungagung, Pasintel sebagai perwira tertua Mayor Laut (E) Darman Tondo. Keempat di Pantai Humara Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek dipimpin oleh Paspotmar Lanal Malang Mayor Laut (P) Tukijo. Kemudian terakhir dan paling barat di Pantai Pancer Timur Desa Kembang Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan, dipercayakan kepaada Dandenpomal Lanal Malang Mayor Laut (PM) Robert untuk memimpin penanaman pohon.

Komandan Lanal Malang pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa TNI AL sangat perhatian dengan masalah lingkungan, terutama daerah pesisir pantai. Kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu program kerja di bidang potensi maritim, dalam upaya bina lestari lingkungan daerah pesisir untuk menyelamatkan lingkungan dan lahan melalui konservasi tanah dan penghijauan sekaligus mencegah proses abrasi akibat air laut.

Tanaman pantai yang ditanam berbagai macam varietas. Seperti di Pantai Ngudel yang ditanam Pohon Cemara Udang (Casuarina equisetifolia) dan Pohon Sepatu Dea (Spathodea). Pantai Tambak Rejo ditanami Pohon Cemara Gunung (Casuarina junghuniana), Pohon Matoa (Pometia pinnata), Pohon Trembesi (Albizia saman), dan Pohon Mangrove.

Pantai Coro ditanam Pohon Cemara Udang, Pohon Ketapang (Terminalia catappa), dan berbagai pohon buah. Untuk Pantai Humara ditanam Pohon Cemara Udang dan Pohon Mangrove. Sedangkan di Pantai Pancer ditanam Pohon Ketapang dan Pohon Mangrove. Total seluruhnya 2.355 batang pohon yang ditanam.

Penanaman pohon serentak ini melibatkan seluruh elemen masyarakat. Dari mulai pelajar, sukarelawan, LSM Lingkungan, instansi pemerintah daerah, dan prajurit TNI-Polri. Hal ini menunjukan dengan kegiatan penanaman pohon bersama merupakan bentuk sinergitas antar sesama elemen masyarakat.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando