Home » » “Matur Nuwun Pak Dandim Gubuk Kulo Didandosi” Kata Bu Tuni Saat Rumahnya Dikunjungi Dandim 0824.

“Matur Nuwun Pak Dandim Gubuk Kulo Didandosi” Kata Bu Tuni Saat Rumahnya Dikunjungi Dandim 0824.

Written By portal komando on 1 Mei 2018 | 9:54 AM


Jember. Kesempatan Kunjungan Kerja Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar pada Senin 30/04/2018 sekaligus menyempatkan untuk mengecek pengerjaan program renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) yang merupakan kerja sama Kodam V/Brw dengan Propinsi Jawa Timur dan di Kodim 0824 Jember sendiri mengerjakan sebanyak 700 unit yang tersebar diseluruh desa diKabupaten Jember termasuk Ds Sidomekar Kec Semboro Kabupaten Jember.

Pada kesempatan tersebut Letkol Inf Arif Munawar mengunjungi rumah Bu Tuni yang beralamat di Dsn Beteng Gang IV Ds Sidomekar yang pembangunannya sudah mencapai 90%, dalam kunjungannya tersebut turut mendampingi Danposramil Peltu Imam Rudiono dan Babinsa Serma Komaryono.

Pada setiap sisi bangunan dilakukan pengecekkan oleh Letkol Inf Arif Munawar sekaligus memerintahkan untuk segera diselesaikan baik kepada Danposramil maupun Babinsa, kemudian Letkol Inf Arif Munawar menemui Bu Tuni janda 70 tahun yang menghuni rumah tersebut.

Saat bertemu Bu Tuni tersebut Letkol Inf Arif Munawar bagaimana awalnya rumahnya terkena program RTLH ini, Bu Tuni menjawab dengan logat bahasa jawa “waune didata kaliyan Pak Babinsa lan pun paringi pirso menawi bade dipun dandosi sarono program RTLH ( awalnya didata oleh Pak Babinsa kemudian saya diberitahu kalau rumahnya mau diperbaiki melalui program RTLH).

Dengan senyum Letkol Inf Arif Munawar memperhatikan jawaban Bu Tuni tersebut sambil mengeluarkan airmata sambil menutup kalimatnya “Matur Nuwun Pak Dandim Gubuk Kulo Didandosi Kaliyan Pak Tentara” (terima kasih Pak Dandim rumah saya diperbaiki oleh Tentara), seketika itu pula Letkol Inf Arif Munawar memeluk ibu tersebut kemudian diajak foto bersama.

Kemudian Letkol Inf Arif Munawar mengunjungi lokasi berikutnya rumahnya P Mulyono 63 tahun pekerjaan buruh tani alamat Dsn Beteng Gang IV Ds Sidomekar yang rumahnya juga terkena program RTLH tersebut, dan kebetulan P Mulyono sendiri ikut mengerjakannya.

Disela-sela kunjungannya tersebut saat diwawancarai Letkol Inf Arif Munawar menyatakan bahwa seiring berjalannya waktu pembangunan RTLH ini kita percepat, untuk itu kepada Babainsa sebagai pelaksana beserta Danramil jajaran sudah kita instruksikan untuk mempercepat pengerjaannya, hal tersebut tentunya agar masyarakat seperti Bu Tuni, P Mulyono dan lain-lain yang terkena program RTLH ini dapat berlebaran dengan rumah yang lebih layak.

Saat ditanyakan capaian per hari ini Letkol Inf Arif Munawar menjelaskan bahwa progres data berdasarkan laporan yang masuk dari seluruh Koramil Jajaran antara lain yang masih 0% ada 104 unit, kondisi 30% ada 75 unit, kondisi 60% 337 unit, kondisi 90% ada 593 unit dan yang sudah 100% baru 7 unit, dan angka ini setiap hari akan terus berkembang karena tidak ada hari libuh RTLH ini terus dikerjakan oleh Babinsa.

Saat ditanyakan kolerasi RTLH dengan tugas pokok Kodim 0824 selaku komando teritorial secara singkat Letkol Inf Arif Munawar menegaskan bahwa ini sesuai UURI No 34 Tahun 2004 pada pasal 7 pada tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang mengamanatkan diantaranya tugas TNI membantu Pemerintah Daerah, intinya kita dalam Program RTLH ini membantu Pemerintah Daerah dalam rangka membangun pemukiman masyarakat yang tidak layak dan kondisi ekonominya kurang mampu agar menjadi layak dan sehat.

Untuk itu lebih Lanjut Letkol Inf Arif Munawar menekankan kepada anggota agar melaksanakannya dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab dalam rangka membantu masyarakat diwilayah binaannya. (sis24)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando