Home » » Panglima TNI Resmikan Divif 3 Kostrad, Koarmada III, Koopsau III dan Pasmar 3

Panglima TNI Resmikan Divif 3 Kostrad, Koarmada III, Koopsau III dan Pasmar 3

Written By portal komando on 11 Mei 2018 | 6:54 PM




PK,.(Penkostrad. Jum’at, 11 Mei 2018). Bertempat di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIV Sorong Papua Barat, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. meresmikan 4 (empat) satuan baru TNI yaitu Divisi Infanteri 3 Kostrad bermarkas di Pakatto Sulawesi Selatan, Komando Armada III dan Pasmar 3 Korps Marinir TNI AL bermarkas di Kabupaten Sorong Papua Barat, Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) III bermarkas di Biak dan meresmikan perubahan nama satuan TNI yaitu Komando Armada RI Wilayah Barat (Koarmabar) menjadi Koarmada I, Komando Armada RI Wilayah Timur (Koarmatim) menjadi Koarmada II. Jum'at (11/5/2018).

Pembentukan satuan baru dan perubahan nama satuan TNI ditetapakn berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 12 tahun 2018 tanggal 8 Mei 2018.

Pembentukan 4 (emapat) satuan baru TNI tersebut sejalan dengan kebijakan TNI dalam rangka mewujudkan konsep Trimatra Terpadu TNI dengan gelar wilayah satuan di wilayah timur/sekitar ALKI III. Komitmen tersebut diwujudkan Panglima TNI dengan mencanangkan Program 100 Hari yang salah satu Program Prioritasnya adalah pembentukan Divisi Infanteri 3 Kostrad, Koarmada III, Koopsau III dan Pasmar 3 yang saat ini sudah terwujud.

Upacara peresmian ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan dan penandatangan Pakta Integritas serta penanda tanganan naskah berita acara perubahan nama dan peresmian Kesatuan. Acara juga dimeriahkan demonstrasi keterampilan prajurit yaitu terjun payung, tarian adat Papua dan terakhir pemotongan tumpeng oleh Panglima TNI.

Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad dijabat oleh Mayjen TNI Achmad Marzuki dan sebagai Kepala Staf Divisi Infanteri 3 Kostrad di jabat oleh Kolonel Inf Dwi Darmadi.

Dislokasi Divisi Infanteri 3 Kostrad berada di Pakatto Sulawesi Selatan dengan 3 Brigade Infanteri (Brigif) yaitu Brigif Para Raider 3/TBS Kostrad berada di Kariango Sulawesi Selatan, terdiri dari Yonif Para Raider 431/Satria Setia Perkasa, Yonif Para Raider 432/Waspada Setia Jaya dan Yonif Para Raider 433/Julu Siri. Brigif 20/IJK Kostrad bermarkas di Timika Papua, terdiri dari Yonif 754/Eme Neme Kangasi dan Yonif 755/Yalet. Satu Brigif lagi dalam proses pembentukan yang akan bermarkas di Sorong Papua Hadir pada upacara tersebut, Kepala Lembaga dan Kementerian RI, Pejabat Kemenhan RI, Pejabat Polri, Tokoh Agama, Tokoh Adat atau Suku, Gubernur Papua dan Papua Barat, Gubernur Maluku dan Maluku Utara, Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E. dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., S.Sos., M.M., Pangkostrad Letjen TNI Agus Kriswanto.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando