Home » » Pasukan PPRC TNI Berhasil Rebut Kembali Morotai

Pasukan PPRC TNI Berhasil Rebut Kembali Morotai

Written By portal komando on 12 Mei 2018 | 4:46 PM

PK,.Morotai (12/05), Pagi tadi suasana morotai seperti biasanya sunyi dan tenang, namun seiring sang fajar mulai beranjak dari peraduannya tiba-tiba terdengar rentetan ledakan terdengar dari arah Utara Morotai disertai deru mesin pesawat yang memuntahkan pasukan udara yang terjun dari bagian ekornya.
Disebutkan dalam rilis Penrem 152,Rupanya kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI yang dilaksanakan di area Morotai Kompleks.

Disimulasikan bahwa Morotai Kompleks telah dikuasai oleh musuh yang berhasil menduduki area perairan dan menguasai Landasan Udara Morotai serta memiliki basis kekuatan di wilayah Morotai Selatan. Sejak pukul 4 dini hari, 2 buah pesawat tempur TNI AU jenis Super Tucano melakukan pengintaian di area-area yang telah dikuasai musuh, tepat pukul 6 pagi 5 pesawat Super Tucano yang membawa Bom Jenis MK3 melakukan peledakan daerah perairan sekitar Juanga area dan sekitar runway guna menghancurkan pertahanan musuh di area tersebut. 
Kemudian 1 unit Hercules TNI AU menerjunkan 44 pasukan OP3U dari Yonko 464 Paskhas guna merebut landasan udara, pasukan yang terjun dipandu oleh Tim KDOL yang telah melakukan infiltrasi sebelumnya dan langsung melakukan penyerangan ke Lanud dan menguasai Air Trafic Control sehingga dapat dilakukan pendaratan pesawat yang membawa pasukan dan senjata pertahanan udara guna mempertahankan Lanud.

Berbarengan dengan itu sejumlah 96 Prajurit Lintas Udara dari Yonif 305 Brigif 17 Divisi 1 Kostrad terjun dari 3 Pesawat Hercules kemudian melumpuhkan musuh basis musuh yang menduduki area Morotai Selatan melalui kontak senjata pertempuran darat yang cukup sengit namun akhirnya musuh dapat dilumpuhkan.

Sementara itu diperairan telah bersiaga KRI Hiu 634 TNI AL dengan Patkamla dan Sea Rider Lanal Morotai yang melakukan penyekatan guna mengantisipasi adanya potensi serangan dari perairan.

Nampak hadir menyaksikan dari Base Ops Lanud Leo Wattimena kegiatan latihan Plt. Gubernur Maluku Utara, Asops Kasau beserta para petinggi TNI baik Darat, Laut maupun Udara, Forkopimda Malut dan Forkopimda Kab. Pulau Morotai.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando