Home » , » Tingkatkan Kemampuan Fisik Siswa Pusdikpel Kodiklatal Gelar Lomba Jurit Tangkas

Tingkatkan Kemampuan Fisik Siswa Pusdikpel Kodiklatal Gelar Lomba Jurit Tangkas

Written By portal komando on 18 Mei 2018 | 9:09 AM



Kodiklatal, (18/5). Banyak cara untuk meningkatkan kemampuan phisik bagi seorang prajurit, salah satunya dengan Jurit Tangkas, seperti yang dilakukan Siswa Pusat Pendidikan Pelaut (Pusdikpel) Komando Pendidikan Operasi laut (Kodikopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang menggelar lomba Jurit Tangkas antar Siswa yang sedang menempuh Pendidikan di Pusdikpel Kodikopsla Kodiklatal.

Lomba Jurit Tangkas yang dilaksanakan di lapangan Kesatrian Kodikopsla Ujung Surabaya tersebut dilepas langsung Komandan Pusdikpel Kodikopsla Kodiklatal Kolonel Laut (P) Arif Badrudin, M.Mgt.Stud. dan diikuti Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba), siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Pusdikpel.

Sebelum pelepasan lomba Komandan Pusdikpel Kodikopsla Kodiklatal Kolonel Laut (P) Arif Badrudin, M.Mgt.Stud menyampaikan bahwa kegiatan jurit tangkas ini merupakan aplikasi teori yang diperoleh selama belajar di Pusdikpel Kodikopsla yang nantinya sebagai modal dasar dalam melaksanakan tugas kedinasan di satuan baru. Dalam lomba tersebut para siswa dituntut untuk menunjukan kecakapan dan ketrampilannya sesuai dengan kejuruan masing masing serta kemampuan phisik yang prima selama pelaksanaan lomba.

Adapun teknis pelaksanaan Lomba, peserta terbagi dalam enam tim yaitu tim Alfa, bravo hingga tim Foxstrot, tiap tim terdiri enam siswa yang berasal dari empat sekolah dibawah Pusdikpel. Empat sekolah tersebut adalah Sekolah Komunikasi, Sekolah navigasi bahari, sekolah Artileri dan sekolah Senjata Bawah Air.

Untuk materi yang dilaksanakan dalam lomba jurit tangkas meliputi bongkar pasang senjata, mengirim dan menerima berita menggunakan sinar lampu, Flag Hoist, menerima berita melalui Radio Telegram, kemampuan membaca peta, kemampuan membaca baringan, problem tali temali, Semapore, dan takal dasar.

Selain itu para siswa akan diuji kemampuan fisiknya dalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Ketahanan fisik tersebut antara lain melewati berbagai rintangan lari lintas alam, mengangkat sekoci, merayap melewati kawat berduri, lari mewati rintangan bukit, lari melewati rintangan ban dan merayap tali.

Dengan berakhirnya lomba Jurit tangkas tersebut untuk juara I tim Charlie dengan Skor 800 dan catatan waktu 29’, Juara II tim Bravo skor 778 catatan waktu 30’ dan juara III tim Echo skor 739 dan catatan waktu 33’. Adapun penyerahan hadiah diserahkan langsung Komandan Puasikpel Kodikopsla Kodiklajtal Kolonel Laut (P) Arif Badrudin, M.Mgt.Stud.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando