141 Prajurit TNI AL Ikuti Latopsduk TA 2018 di Kodiklatal

TNI AL

PK. SURABAYA, .Kodiklatal, (4/6).—– Sebanyak 141 Prajurit TNI AL dari beberapa Satuan Kerja Komando Utama TNI AL mengikuti Latihan Operasi Dukungan (Latopsduk) TA 2018 di Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Kodikopsla Kodiklatal.

Latihan yang akan berlangsung hingga 8 Juni tersebut dibuka langung Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P.

Adapun Satuan Kerja Kotama TNI AL yang terlibat dalam Latopsduk TA 2018 tersebut adalah Kodiklatal, Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Diskesal), Dinas Psikologi Angkatagn Laut (Dispsial), Satlinlamil Jakarta dan Surabaya, Diskes Koarmada II, Diskes Lantamal V, Yon Kes Pasmar 2, Sintel Koarmada II, Sintel Pasmar 2 dan Sintel Lantamal V.

Dari jumlah 141 peserta latihan tersebut terdiri pelaku yaitu tim Satgasduk Angkutan Laut (Angla), Satgasduk Dispsial, Satgasduk Psikologi, Satgasduk Kesehatan. Peserta lainya adalah tim Evaluasi, peninjau, Penilai, penyelenggara dan pendukung.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dalam sambutnya menyampaikan selaku kotama pembina, Kodiklatal memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan doktrin dan organisasi satuan jajaran TNI Angkatan Laut, pembinaan pendidikan dan latihan TNI Angkatan Laut dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut.

Latihan Operasi Dukungan tahun 2018 ini, merupakan wujud dari pembinaan kemampuan yang dilaksanakan oleh jajaran Kodiklatal untuk membekali dan mempersiapkan prajurit TNI Angkatan Laut agar dapat menghadapi tugas-tugas ke depan untuk melaksanakan operasi dukungan dalam rangka operasi gabungan tni.

Adapun latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme unsur pimpinan dan staf satuan tugas dukungan dalam proses pengambilan keputusan militer pada perencanaan operasi dukungan dalam rangka operasi gabungan TNI.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa puncak latihan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan dalam bentuk latihan Armada Jaya, merupakan kesinambungan dari berbagai macam latihan yang dilaksanakan sebelumnya, termasuk didalamnya yaitu operasi dukungan yang terdiri atas operasi dukungan intelijen, kesehatan, psikologi, dan angkutan laut.

Baca Juga :  Laksanakan Tugas Anglamil KRI Tanjung Kambani 971 Debarkasi Yonif 115/Macan Leuser

Selain itu, latihan ini dilaksanakan dalam rangka menguji doktrin TNI tentang operasi dukungan angkutan laut, operasi dukungan intelijen, operasi dukungan kesehatan dan operasi dukungan psikologi sesuai dengan tugas Kodiklatal sebagai lembaga pembina doktrin di TNI Angkatan Laut.

Melalui latihan ini pula diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan serta menyamakan pola pikir dan pola tindak para pelaku latihan dalam melaksanakan perencanaan operasi dukungan intelijen, operasi dukungan kesehatan dan operasi dukungan psikologi serta operasi dukungan angkutan laut dalam operasi gabungan TNI.

“Saya ingin mengutip kata-kata Kevin Eubanks, “Hard Work Is What Keeps The Ship Moving”.

Untuk itu, saya menekankan kepada para peserta agar selalu bekerja keras dalam latihan ini dan jangan ragu untuk membuat terobosan-terobosan baru yang inovatif guna meningkatkan kemampuan tni angkatan laut ke depan.” Tegas Komandan Kodiklatal.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of