Dankormar Hadiri Upacara Peringatan Hut Ke-62 Puspenerbal

TNI AL

PK,.SIDOARJO,.Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) dengan didampingi Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, menghadiri upacara peringatan HUT Ke-62 Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) di Apron Hanggar Lanudal Juanda, Sidoarjo. Senin (25/06/2018).

Digelarnya upacara tersebut sebagai puncak peringatan HUT Ke-62 Penerbangan TNI Angkatan Laut tahun 2018 yang jatuh pada tanggal 17 Juli 2018. Dalam peringatan tahun ini mengangkat tema “Dengan dilandasi profesionalisme, dedikasi serta disiplin yang tinggi, Penerbangan TNI Angkatan Laut siap mewujudkan semangat Dharma Jalakaca Putra”. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.

Sebelum pelaksanaan upacara, terlebih dahulu dilaksanakan penyematan Brevet Penerbang Kehormatan kepada Kasal oleh Danpuspenerbal Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja S, S.H., dengan prosesi khas Penerbangan Angkatan Laut di Apron Base Ops Lanudal Juanda.

Dalam amanatnya, Kasal mengucapkan selamat Idul Fitri 1439 H, mohon maaf lahir dan batin, semoga hikmah dan berkah Idul Fitri tahun ini, senantiasa mengiringi setiap langkah pengabdian dalam mendukung pelaksanaan tugas TNI Angkatan Laut kedepan.

Lebih lanjut, upacara ini diselenggarakan dalam rangka mengingat kembali sejarah dan pengabdian Penerbangan TNI Angkatan Laut, mulai dari awal pembentukan sejak 62 tahun yang lalu hingga saat ini.

“Momen ini, juga merupakan ungkapan rasa syukur kita sekaligus kesempatan yang baik untuk melaksanakan introspeksi dan evaluasi pelaksanaan tugas-tugas yang telah dilaksanakan Penerbangan TNI Angkatan Laut selama ini, guna meningkatkan kinerja serta pengabdiannya kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama”, tegasnya.

Penerbangan Angkatan Laut, lanjutnya, ke depan akan mulai memasuki teknologi penerbangan Nirawak berupa penggunaan UAV (Unmanned Aerial Vehicle) yang akan diintegrasikan dengan unsur kapal atas air guna mengoptimalkann operasi baik OMP maupun OMSP. Untuk itu, Penerbangan Angkatan Laut dituntut harus mampu mengembangkan diri, seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Dirgantara beserta persenjataanya.

Baca Juga :  Gempa Sulteng, Lantamal VI Kuasai Dermaga Pelabuhan Pantoloan Palu Untuk Terima Embarkasi Dua KRI

Diakhir amanatnya, Kasal menyampaikan kepada seluruh jajaran Penerbangan Angkatan Laut, untuk terus kembangkan sayap dalam mengawasi dan mengamankan seluruh wilayah laut Indonesia, demi tegaknya kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada pelaksanaan upacara, ratusan prajurit Korps Marinir TNI AL juga terlibat dalam barisan upacara peringatan HUT Ke-62 Puspenerbal, dengan dipimpin oleh Mayor Marinir Fernando S Lumi yang sehari-hari menjabat sebagai Wakil Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments