Danlanal Bandung Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Jaga Kelestarian Penyu Hijau

TNI AL

Sukabumi _Pada hari Kamis 28 Juni 2018 bertempat di Kawasan Konservasi Penyu Pangumbahan Desa Pangumbahan Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi telah berlangsung giat Pelepasan Tukik oleh Danlanal Bandung Kolonel Laut (P) Sunar Solehudin, SH.

Giat tersebut dalam rangka Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) Lanal Bandung di wilayah Kabupaten Sukabumi di hadiri kurang lebih 300 orang.

Giat tersebut juga dilaksanakan berdasarkan Telegram Pangkoarmada I No.20.508/Armada I/0518, Program Kerja Pangkalan TNI AL Bandung tahun 2018.

Hadir dalam giat tersebut Wadan Puslatpurmar Antralina Mayor Mar Daning Zaelendra, Dansatradar TNI Mayor Lek Panca Prawira,Kasatpolair Palabuhanratu di wakili Brigadir Nurman Danposal Palabuhanratu, Pelda Bek Daden,Jajaran Muspika Kecamatan Ciracap,Kepala DKP di wakili Andi, Kepala Konservasi penyu di wakili Musonip,Ketua HNSI Ujunggenteng, Asep JK, Tomas dan toga serta masyarakat nelayan.

Sekitar Pukul l 09.23 WIB Danlanal Bandung melaksanakan giat pelepasan tukik di ikuti oleh seluruh tamu undangan.Kemudian Pukul 09.15 WIB pelaksanaan Video Conference dengan Pangkoarmada I.
Danlanal Bandung didampingi oleh pejabat Muspika dan tamu undangan lainnya.

Dalam Video Confrencenya Danlanal memberikan laporan kepada Pangkoarmada I menyampaikan bahwa
kegiatan pelaksanaan pelepasan tukik untuk mempertahankan kelestarian hidup penyu hijau Green Turtle (Chelonia Mydas) di wilayah pantai selatan Jawa Barat, dalam rangka Binpotmar Lanal Bandung di Desa Pangumbahan Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi bersama unsur TNI, POLRI, jajaran Muspika Kecamatan Ciracap, masyarakat, Pemuda Desa pengumbahan, Ujunggenteng, Pramuka Saka Bahari Palabuhanratu.

Sementara itu menjawab laporan dari Danlanal Pangkormada I juga memberikan arahan Pangkoarmada 1 mengucapkan Terimakasih atas dilaksanakan giat tersebut.”Kita sudah melestarikan tukik dan di harapkan masyarakat turut ikut serta mendukung mensukseskan pelestarian alam,”ucapa Pangkoarma 1 melalui video Confrencen.

” Berikan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kesejahteran dalam melestarikan lingkungan dan mendukung pembudidayaan ikan di Posal jajaran Lanal Bandung,”pungkasnya.

Baca Juga :  Tempuh Perjalanan 6 Jam, Marinir TNI AL Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir Kalsel yang Masih Terisolir

Sementara itu Danlanal Bandung Kolonel Laut (P) dalam sambutanya mengucapkan selamat datang kepada hadirin tamu undangan yang telah hadir dalam acara ini.

“Marilah kita senantiasa selalu memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat Taufik dan hidayahNya pada pagi hari ini kita dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam acara pelepasan Tukik dalam rangka Binpotmar Lanal Bandung,”Kata Danlanal.

Lebih Lanjut Danlanal menyampaikan bahwa, salah satu tugas TNI adalah pemberdayaan wilayah pertahanan dalam rangka melaksanakan tugas pembinaan potensi maritim salah satunya adalah membina SDM dan SDA yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan dan sekitarnya yang perlu dipertahankan dalam menghadapi ancaman kepunahan.

Selain itu, Danlanal juga menghimbau kepada yang hadir untuk tetap peduli kepada lingkungan guna mempertahankan kelestariannya terutama di desa Pangumbahan ini yaitu penyu hijau yang semakin lama semakin langka.

Masih dalam sambutanya Danlanal menyampaikan,bahwa Kegiatan dilaksanakan serentak di wilayah jajaran Koarmada I, diantaranya Lanal Bandung, Lanal Nias, Lanal Batam, Lanal Padang, Lanal Belawan dan lanal Cirebon.Adapun giat Bandung adalah pelepasan tukik di Konservasi Penyu Pangumbahan.

” Terima kasih kepada PLT koordinator SPP4 (Satuan Pelayanan Taman Pesisir Pantai Pangumbahan) cabang dinas Kelautan dan Perikanan wilayah Selatan Jawa Barat yang telah mempasilitasi acara ini dan Muspika Kecamatan ciracap serta jajarannya yang telah mendukung hingga acara ini dapat berjalan dengan lancar,”Kata Danlanal

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberi bimbingan petunjuk dan perlindungan kepada kita semua dalam membangun bangsa dan menjaga kelestarian alam ini yang diamanatkan kepada kita,”Pungkasnya

(Hasbi)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments