Danpusdikpomal Kodiklatal Buka Lattek Bakwal Pistol dan Lattek Pomal dalam Operasi Amphibi

TNI AL

Kodiklatal (26/6,.Komandan Pusat Pendidikan Polisi Militer (Danpusdikpomal) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Kolonel Laut (PM) Khoirulm Fuad, S.H secara resmi membuka Latihan Praktek (Lattek) Bakwal dan Lattek Pomal dalam operasi Amphibi .

Pembukaan Lattek yang dilaksanakan dilapangan Apel Pusdikpomal Kesatrian Bumimoro Kodiklatal tersebut dihadiri pejabat utama Pusdikpomal diantaranya Komandan Sekolah Perwira (Dansepa), Komandan Sekolah Bintara (Danseba) dan Komandan Sekolah Tamtama (Danseta) Pusdikpoimal. Selain itu hadir pula para Kepala Bagian (Kabag) dilingkungan Pusdikpomal.

Lattek yang akan berlangsung di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Purboyo Kabupten Malang hingga 3 Juli 2018 tersebut diikuti 82 orang terdiri 44 siswa Pausdikpomal kejuruan Polisi Militer dan 38 orang staf pendukung.

Dari 44 siswa Pusdikpomal tersebut terdiri 16 orang siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) angkatan 47, 11 orang Siswa Pendidikan  Pembentukan Bintara (Diktukba) angkatan ke 47 dan 17 orang siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Angkatan ke-37.

Komandan Pusdikpomal Kodikdukum Kodiklatal Kolonel laut (PM) Khoirul Fuad, S.H  dalam sambutanya menyampaikan untuk Untuk menjadi prajurit  yang trampil, trengginas dan tangguh dalam penugasan perlu secara rutin diasah kemampuannya secara berjenjang dan berlanjut sesuai spesialisasi yang dimiliki.

Dari pelaksanaan lattek di Puslatpur ini diharapkan para siswa mampu dan trampil melaksanakan tindakan pengamanan dan bongkar pasang senjata jenis pistol serta trampil menggunakan, mampu melaksanakan rangkaian kegiatan dalam operasi Amphibi diantaranya mampu melaksanakan pergeseran Pasukan dan Material serta embarkasi. Selain itu mampu melaksanakan penanganan perkara saat Gerakan Menuju Sasaran (GMS) dalam tahap serbuan.

Selain memiliki kemampuan tersebut diatas para siswa juga diharapkan mempunyai kemampuan umtuk mengurus tahanan dan tawanan sesuai undang-undang dalam pelaksanaan operasi, serta mempunyai kemampuan pengumpulan data untuk prajurit yang disersi dalam operasi (Yudha Kelana).

Baca Juga :  Wagub AAL Ikuti Gowes peringatan HUT ke-73 Kodam V/Brawijaya

“Saya berharap  para siswa setelah menempuh pendidikan di Pusdikpomal Kokdiklatal menjadi prajurit Polisi Militer TNI Angkatan Laut yang siap mendukung Satuan Tugas (Satgas) dimanapun berada. Salah satunya dalam pelaksanaan operasi amphibi dan mendukung pelaksanaan Satgas  Dewan Keamanan PBB dalam rangka menjaga perdamaian dunia. “ harap Komandan Pusdikpomal.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments