Demi Kenyamanan Beribadah, Satgas Yonif Raider 323 Kostrad Bantu Renovasi Gereja Dan Masjid Di Perbatasan

TNI AD

PK,.PAPUA,.Ibadah adalah bentuk implementasi dari pelaksanaan sila pertama pada Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia. Ibadah merupakan bentuk ketaatan umat beragama atas perintah Tuhan YME sebagai insan yang bertaqwa. Dalam pelaksanaan ibadah diyakini akan lebih bernilai jika itu dilaksanakan secara bersama-sama dalam suatu rumah ibadah. Dalam agama apapun pasti memiliki rumah ibadah sebagai simbol dan tempat mendekatkan diri kepada Tuhan nya.

Adanya masyarakat di perbatasan yang berasal dari berbagai suku dan agama, menjadi salah satu poin positif yang ada di wilayah Merauke dan sekitarnya. Keberagamaan komposisi masyarakat ini dapat dijaga dengan baik selama ini oleh warga itu sendiri, ditambah dengan kehadiran Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad yang bertugas menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia digaris terdepan negeri ini. Disamping melaksanakan tugas menjaga keutuhan wilayah negeri ini, Satgas Yonif Raider 323 Kostrad juga hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai katalis untuk mempercepat pembangunan di wilayah perbatasan. Termasuk dalam membina hubungan baik dengan masyarakat lintas suku, agama, dan budaya yang tinggal di Merauke-Bovendigoel.

Jalinan kerjasama antara anggota TNI dengan masyarakat memang senantiasa dibangun. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh prajurit-prajurit Yonif Raider 323/BP Kostrad yang saat ini bertugas di wilayah Kabupaten Merauke dan Kabupaten Bovendigoel. Demi mewujudkan kenyamanan bagi umat beragama yang akan melaksanan ibadah, Satgas 323 Kostrad melakukan gerakan merehabilitasi beberapa rumah ibadah yang ada di sekitar wilayah binaannya.

Sepanjang 6 bulan bertugas sudah hampir mencapai 15 rumah ibadah yang telah dilakukan perbaikan ringan oleh prajurit-prajurit Buaya Putih. Seperti contohnya yang kini sedang dikerjakan oleh anggota Pos Kilometer 30 di Gereja Katolik Paroki Santo Fransiscus wilayah Camp 19 Distrik Jair Kabupaten Bovendigoel (Senin/04/06/2018). Beberapa perbaikan bangunan gereja dilakukan dengan melibatkan anggota TNI dan juga umat gereja yang ada di sekitar Camp 19. Mereka bahu membahu menyelesaikan pembuatan dinding sebelah kanan gereja tersebut. Cornelius Gabriel (45 thn) salah seorang jemaat gereja yang turut dalam kegiatan renovasi menuturkan, “kehadiran Satgas 323 Kostrad memang sejak awal kehadirannya sudah kami rasakan positif, sejak perayaan natal bersama sampai dengan sekarang melakukan renovasi gereja ini, kami salut”. Dirinya juga menambahkan “wajah TNI yang seperti inilah yang masyarakat inginkan, ramah, dekat, dan kerap membantu masyarakat”, tegasnya mengunkapkan rasa bangga.

Baca Juga :  Sigap Tanggap, Anggota Koramil 1013-15/Seribu Riam Turun ke Wilayah Pantau Banjir

Selain itu, dalam suasana bulan ramadhan juga Satgas 323 Kostrad melakukan renovasi bangunan Mushola Al – Khair yang ada di Kampung Naga Distrik Jair Kabupaten Bovendigoel Papua. Sejak sepekan lalu, beberapa anggota Pos Camp Modern yang dipimpin Serma Jery Kurniawan melakukan pembenahan bangunan ibadah umat muslim ini. Kegiatan ini juga disambut baik oleh masyarakat Kampung Naga dengan turut berpartisipasi dalam pelaksanaan renovasi ini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments