Komandan Kodikdukum Kodiklatal Tutup Dikmaba Angkatan Ke – 37

TNI AL

Kodiklatal, (25/6).Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan laut (Kodiklatal) Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan, secara resmi menutup Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan ke-37 Korps teknik, elektro dan Suplay.

Penutupan pendidikan yang diikuti 150 siswa dari tiga Pusat Pendidikan (Pusdik) yaitu Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek), Pusat Pendidikan Elektronika (Pusdiklek) dan Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) tersebut dilaksanakan di lapangan apel Kodikdukum Kesatrian Bumimoro Kodiklatal, Senin, (25/6).

Dari 150 siswa Dikmaba yang telah selesai menempuh pendidikan di beberapa Pusdik di bawah Kodikdukum, terdiri dari 34 siswa dari Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek), 12  siswa dari Pusat Pendidikan Elektronika (Pusdiklek) dan 94 siswa dari Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin).

Komandan Kodikdukum Kodiklatal Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan, dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan anak didiknya dalam menyelesaikan pendidikan kejuruan di Pusdiktek, Pusdiklek dan Pusdikbanmin yang ditempuhnya selama  enam bulan tersebut.

“Kelulusan ini merupakan hal yang sangat ditunggu oleh setiap prajurit yang menempuh pendidikan, tidak terkecuali mantan siswa Dikmaba angkatan ke-37 beserta keluarga, selamat atas selesainya pendidikan ini dan selamat bertugas,” terangnya.

Proses pendidikan panjang Dikmaba ini, lanjutnya telah ditempuh dengan perjuangan berat selam lima bulan di Pusat Latihan dan Pendidikian Dasar Militer (Puslatdiksarmil), kemudian dilanjutkan pendidikan kejuruan selama enam bulan di pusat- pusat pendidikian sesuai dengan korps masing-masing. Ia berharap perjuangan tersebut jangan disia-siakan, namun harus disikapi secara bijak dengan menunjukan dedikasi, disiplin tinggi, professional  dalam menjalankan tugas di satuan masing-masing.

Menurutnya, Bintara merupakan tulang punggung kesatuan, yakni sebagai pelaksana tugas sehari-hari, sehingga harus mampu menyiapkan diri,  salah satunya dengan belajar mengembangkan keterampilan dan ilmu pengetahuan dan teknologi  secara terus menerus baik yang didapat di lembaga pendidikan Kobangdikal atau media lainnya.

Baca Juga :  Semakin Meningkat Antusias Vaksinasi Covid-19 Untuk Prajurit, PNS dan Masyarakat

Seiring perkembangan yang semakin kompleks, kemajuan ilmu dan teknologi dan perubahan sosio ekonomi di masyarakat, secara langsung maupun tidak langung berdampak terhadap kondisi alutsista serta perilaku sosial personel TNI AL, hal tersebut harus disikapi dengan semakin berbenah diri untuk mengantisifasi secara bijak.

Disisi lain Ia pun menekankan mantan anak didiknya tersebut, untuk terus membekali diri tidak hanya terpaku pada pendidikan formal saja, tetapi harus diimbangi dengan sikap haus dan merasa perlu untuk terus meng up date informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi trkini untuk kepentingan diri dan organisasi TNI AL.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments