PANGKOARMADA III TERIMA KUNJUNGAN TIM PUSAT STUDI KETAHANAN ENERGI (PSKE) UNIVERSITAS PERTAHANAN

TNI AL

Sorong, 27 Juni 2018. Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksda TNI I N. G. Ariawan, S. E., M. M. didampingi Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama Dadi Hartanto, M. Tr (Han) para Asisten dan Kadis Koarmada III  menerima  Kunjungan perwakilan Tim Pusat Studi Ketahanan Energi (PSKE) Universitas Pertahanan di Ruang Rapat Mako Koarmada III Jl. Bubara No.1 Kelurahan Klaligi Distrik Sorong Manoi Kota Sorong. Selasa (26/06/18).

Kunjungan rombongan Tim Pusat Studi Ketahanan Energi (PSKE) Universitas Pertahanan yang diketuai oleh Kolonel Laut (KH) Dr. Ir. Yanif Dwi Kuntjoro, M. Si (Sekretaris I PSKE/Ketua Peneliti) dalam rangka melakukan kunjungan penelitian awal kepada Tim PSKE UNHAN untuk keperluan survei lokasi penelitian Implementasi Teknologi Solar Home System (SHS) pada instansi militer, hal ini merupakan kunjungan yang dilakukan untuk pertama kali di Mako Koarmada III Sorong Papua Barat. Lawatan/kunjungan penelelitian berlangung atas Kesepakatan Bersama antara International Power Supply (IPS) Bulgaria dengan Universitas Pertahanan (UNHAN) tentang Kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi yang ditandatangani pada tanggal 22 Pebruari 2016 di Jakarta.

Rangkaian kunjungan diawali paparan oleh Ketua Tim Pusat Studi Ketahanan Energi (PSKE) Universitas Pertahanan Kolonel Laut (KH) Dr.Ir. Yanif Dwi Kuntjoro, M. Si tentang Potensi Pembangunan Pembangkit Litrik Tenaga Surya (PLTS) pada Instansi Militer di Sorong, Papua Barat mengenai gambaran umum perbatasan negara, sebaran 26 pusat kegiatan strategi nasional, elektrifikasi Indonesia, potensi energi terbarukan Indonesia, sektor  energi dalam Nawa Cita, potensi pembangunan PLTS di Kabupaten Sorong dan  pemanfaatan energi surya yang telah terealisasi.  Disela paparan dilakukan juga dialog/tanya jawab oleh  Pangkoarmada III beserta jajarannya terkait paparan  yang disampaikan, sebagai antisipasi terhadap rencana pendirian PLTS di pangkalan-pangkalan militer yang melibatkan kontraktor pihak negara asing.

Baca Juga :  Terjadi Kecelakaan Penyelaman, Tim Kesehatan Lantamal V Sigap Lakukan Penyelamatan

Diakhir kunjungannya, Panglima Komando Armada III Lakda TNI I N. G. Ariawan, S. E., M. M. menyampaikan, intinya “bahwa semua yang dipaparkan merupakan ide yang bagus, pada prinsipnya mengapresiasi apa lagi sebagai kuncinya bagaimana energi untuk mendukung  pertahanan dan pertahanan untuk mendukung energi selama untuk kepentingan nasional dan tentunya perlu diperhatikan dari berbagai aspek terutama aspek militer dan keamanannya”.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments