Berkeliling di Markas Divif 2 Kostrad, Peserta KBP 2018 Tertarik dengan Rusa

TNI AD

PK,.MALANG,. – Tidak hanya diajak untuk melakukan kegiatan gotong royong dengan para prajurit Divisi Infanteri 2 Kostrad saja, namun peserta dari Kemah Bhakti Pemuda (KBP) 2018, juga diajak untuk berkeliling ke Markas Divisi Infanteri (Madivif) 2 Kostrad. Pengenalan lingkungan ini merupakan salah satu kegiatan dalam KBP.

Beberapa spot dikunjungi oleh ribuan peserta. Teknisnya, peserta dibagi dalam beragam kelompok. Satu rombongan, didampingi oleh anggota Divif 2 Kostrad. Kemudian, kelompok itu berkeliling secara bergantian ke venue yang ditunjuk. Ada beberapa lokasi yang dikunjungi. Yakni, museum, penangkaran rusa, kolam renang dan kandang kelinci.

Keseruan terjadi ketika salah satu rombongan peserta putri mengunjungi penangkaran rusa. Mereka heboh ketika melihat belasan rusa jinak yang sudah menghuni penangkaran di sini sejak beberapa tahun lalu.

Ada yang antusias memberikan makan rumput gajah kepada hewan anggun bertanduk tersebut. Ada juga yang agak takut-takut saat mendekat ke rusa yang berada di balik jeruji tersebut.

Salah satunya adalah Inda Purwati, 20. Mahasiswi Unisma itu mengaku tertarik saat mengunjungi penangkaran rusa. Bagian yang membuat dia exciting adalah saat memberi makan rusa tutul tersebut.

“Menarik, saya senang apalagi ketika memberi makan tadi. Jadi semacam refreshing gitu ya,” kata dia, Sabtu (30/6).

Gadis yang tergabung dalam organisasi resimen mahasiswa (Menwa) Unisma itu mengaku sudah bebrapa kali mengikuti kegiatan yang digelar oleh instansi TNI. Namun, dia selalu tertarik. Karena menurutnya menyenagkan dan bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air, nasionalisme dan disiplin diri.

“Kalau keliling ke Madivif baru kali ini. Menarik ya, terutama yang pameran alutsista,” kata gadis yang bercita-cita menjadi Kowad tersebut.

Sementara itu, pendamping peserta, Letda (Inf) Andre Rachman Fadhilah, menjelaskan, para peserta KBP diajak untuk berkeliling ke beberapa tempat di Madiv 2 Kostrad. Mulai dari museum, kandang rusa, kolam renang dan kandang kelinci.

Baca Juga :  Bedah Rumah, Bakti Satgas Yonif R 300 Bagi Warga Papua

Di museum, para peserta menyaksikan sejarah perjuangan bangsa, alat-alat yang digunakan untuk berjuang. Di museum juga, para peserta menyaksikan alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang pernah digunakan.

“Kami ingin para peserta lebih mengenal Divisi 2 Kostrad,” kata perwira pertama yang mendapatkan tugas mendampingi 150 peserta KBP.

Sementara itu, Letda (Kav) Tasmo, menjelaskan, Divif 2 Kostrad memiliki 11 ekor rusa dari dua jenis. Yakni rusa tutul dan sambar, dengan dua betina dan sembilan pejantan. Rusa ini sudah ditangkarkan di halaman depan Madiv 2 Kostrad, sejak beberapa tahun lalu.

“Namun, baru diresmikan tahun 2008,” kata perwira yang bertanggung jawab untuk penangkaran rusa.

Para rusa ini diberi makan sehari tiga kali dengan rumput gajah. Biasanya, ketika siang, beberapa siswa SD datang berkunjung untuk ikut memberi makan hewan anggun tersebut.

“Ya ada masyarakat yang datang untuk melihat dan memberi makan rusa. Gratis tidak dipungut biaya,” tandasnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments