Cegah Penyakit Kronis, Lanal Yogyakarta Gelar Pemeriksaan Kesehatan.

TNI AL

Yogyakarta. Dalam mencegah penyakit kronis serta meningkatan taraf kesehatan anggota, keluarga besar Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan bekerjasama dengan laboratorium Cito Kotabaru Yogyakarta dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) wilayah Yogyakarta.

Diprakarsai oleh Ketua dan Pengurus Jalasenasti Cabang 8 Daerah Jalasenasti Armada (DJA) II, kegiatan ini dilaksanakan di aula dan ruang sekretariat Jalasenasti Cabang 8 Lanal Yogyakarta, Jl. Melati Wetan no 62 Baciro Yogyakarta, Jumat (06/07/18).

Pemeriksaan kesehatan diikuti anggota Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) sebanyak 9 orang, Aparatur Sipil Negara (ASN) wanita sebanyak 16 orang serta Pengurus dan anggota Jalasenastri Cabang 8 Lanal Yogyakarta sebanyak 34 orang. Tiem medis melibatkan 8 staf medis dari Laboratorium Cito Kotabaru Yogyakarta.

Pemeriksaan meliputi, Papanicolau Smear atau biasa disingkat Pap Smear dengan tujuan untuk mengindentifikasi adanya sel kanker atau pra kanker leher rahim (serviks) dan deteksi kanker payudara melalui metode Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari). Kedua penyakit tersebut merupakan penyakit kronis penyebab kematian tertinggi di dunia dari jenis kanker yang menyerang wanita kategori aktif secara seksual berumur 18 tahun keatas.

Untuk pemeriksaan kesehatan rutin oleh 4 staf medis Balai Kesehatan (BK) Lanal Yogyakarta dipimpin dokter muda BK Lanal Yogyakarta, dr. Tri Hasturi meliputi pemeriksaan kadar gula, kolesterol dan asam urat, dengan tujuan meningkatkan taraf kesehatan keluarga besar Lanal Yogyakarta.

Hal ini sesuai amanah dari Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd yang disampaikan Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M. Mar Stud dalam kesempatan meninjau pemeriksaan kesehatan yang sedang dilaksanakan. “Kesehatan merupakan faktor penting dalam kehidupan, tingkat kesehatan yang baik dalam keluarga akan sangat berpengaruh secara signifikan terhadap pencapaian kehidupan yang berkualitas, untuk itu perlu adanya pemeriksaan rutin, jangan sampai kita berobat kalau sudah terkena sebuah penyakit kronis, lebih baik mencegah daripada mengobati”.

Baca Juga :  21 Prajurit Rata Yuda Naik Pangkat

Sebelum pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan pertemuan rutin Pengurus dan Anggota Jalasenastri Cabang 8 Lanal Yogyakarta dipimpin oleh Ny. Happy Haryo Wiji Pratomo selaku Wakil Ketua Cabang 8 Jalasenastri Lanal Yogyakarta, mewakili Ny. Febri Arya Delano yang tidak dapat hadir karena menghadiri acara tatap muka dan pengarahan Ketua Umum Jalasenastri di Surabaya.

“Peran seorang ibu sangat penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan yang dimulai dari tingkat keluarga, oleh karena itu kegiatan pemeriksaan deteksi kanker serviks dan payudara, kita diharapkan lebih peduli terhadap kesehatan masing masing, kalau bukan kita sendiri, siapa lagi ?”, jelas Ny Febri Arya Delano dalam sambutan tertulisnya.

Danlanal Yogyakarta memberikan atensi atas laporan terlaksananya rangkaian pemeriksaan kesehatan Lanal Yogyakarta dengan melibatkan pihak laboratorium Cito Kotabaru, didukung BPJS. Semua dapat terlaksana dengan baik karena adanya animo yang tinggi dari Kowal, PNS wanita dan Jalasenastri Lanal Yogyakarta. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara bertahap dan terjadwal. Nantinya akan dapat diikuti oleh semua Ibu Ibu keluarga besar Lanal Yogyakarta, sebagai upaya nyata mencegah dan terhindar penyakit kronis mematikan. (NSR/bang natsir).

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments