Koarmada II Akan Gelar Latihan Search And Rescue Di Laut

TNI AL
PK,.Surabaya, 02 Juli 2018,.Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., menerima Paparan RGB Latihan SAR di Laut TA. 2018 yang disampaikan oleh Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmada II Kolonel Laut (P) Wawan Trisatya Atmaja, S.E., bertempat di Ruang Rapat Pangarmada II Ujung Koarmada II, Surabaya, Rabu (27/06/2018).
Dihadapan Pangkoarmada II, Dansatkat Koarmada II selaku Perwira Pelaksana Latihan menjelaskan tentang garis besar latihan pencarian dan pertolongan (Search and Rescue/SAR) di laut yang rencananya berlangsung pada Agustus mendatang di perairan Laut Jawa. Kegiatan Search and Rescue merupakan salah satu tugas pokok TNI dalam Operasi Militeri Selain Perang (OMSP).
Latihan Search and Rescue/SAR sengaja digelar oleh Koarmada II guna menguji kesiapan dan keampuan baik Prajurit maupun unsur-unsur KRI dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI dalam hal ini TNI Angkatan Laut.
Berbeda dari latihan-latihan SAR yang sebelumnya telah digelar oleh Koarmada II, pada latihan kali ini TNI Angkatan Laut akan melibatkan unsur Pesawat Udara (Pesud) dalam pelaksanaan latihan. Keterlibatan Pesud dianggap sangat vital, untuk meningkatkan kemampuan SAR di laut.
Menanggapi rencana garis besar yang disampaikan oleh Perwira Pelaksana Latihan, Pangkoarmada II menyampaikan pada latihan kali ini juga harus melibatkan instansi samping antara lainĀ Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Perak Surabaya, Kantor SAR Surabaya serta unsur-unsur maritim lainnya.
Lebih lanjut Pangkoarmada II juga menyampaikan latihan SAR di laut yang digelar oleh Koarmada II ini hendaknya dilaksanakan di perairan selat Madura, hal ini bertujuan agar masyarakat Surabaya dan sekitarnya dapat melihat secara langsung berlangsungnya latihan SAR tersebut, selain informasi dari para awak media yang rencananya juga akan diundang pada pelaksanaan tersebut.
Latihan SAR di laut nantinya akan terbagi menjadi 4 metode antara lain metode diskusi, metode latihan kering, gladi posko, serta gladi lapangan dengan sifat latihan satu pihak dikendalikan. Selain Prajurit dan Unsur-unsur KRI serta Pesud, latihan ini juga melibatkan 1 unit Sea Rider milik Satkopaska Koarmada II, 2 unit perahu karet Dislambair Koarmada II, 4 unit ambulance TNI Angkatan Laut.
Hadir dalam acara tersebut, Kaskoarmada II Laksma TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., Danguspurla Koarmada II Kolonel Laut (P) Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., Danguskamla Koarmada II Kolonel Laut (P) Kisdiyanto, Irkoarmada II Kolonel Laut (T) Amrein, Para Asisten Pangkoarmada II, para Sahli Pangkoarmada II, serta segenap Kasatker Koarmada II.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments