Kodim 0731 Kulon Progo Dan Satradar 215 Congot, Back Up Penuh Pengamanan Pengosongan Lahan Calon Bandara

TNI AD

PK,.Yogya Barat. Setelah melalui berbagai macam tahapan dan proses, Kamis – Jum’at (19 – 20/07/18) merupakan tahapan akhir untuk pengosongan lahan calon Bandara New Yogyakarta Indonesia Airport (NYIA) di wilayah Kabupaten Kulon Progo. Pada kegiatan ahir ini melibatkan dari berbagai unsur Aparat baik dari Polres, Kodim 0731, Satradar 215, Satpol PP maupun Relawan dan instansi lainya.

Kegiatan yang dipromotori oleh PT. Angkasa Pura I saat kegiatan di lapangan tampak hadir para Komandan Pimpinan baik dari TNI Polri, tampak hadir antara lain Kapolres Kulon Progo AKBP Anggara Nasution, Dandim 0731 Kulon Progo Letkol Dodit Susanto, Dan Satradar 215 Letkol Bambang Suyono. Proyek Manajer Bandara NYIA R Sujiastono. Serta Kasatpol PP Kulon Progo Drs Sumiran, Ka Kesbangpol Kulon Progo Budi Hartono serta dari Unsur Kominda (Komintas Intel Daerah).

Komandan Kodim 0731 Kulon Progo, Letkol Inf Dodit Susanto dalam arahanya mengatakan
“Jangan ada ragu ragu laksanakan sesuai tupoksi. Intinya kita mendukung agar kegiatan ini dapat berjalan secara lancar dan aman. Dan berkaitan dengan dilapangan, semua yang terlibat di sini berbuat dan bertindak sesuai perintah kebijakan Kapolres.” jelas Letkol Inf Dodit Susanto.

Ditempat yang sama, Kapolres Kulon Progo, Anggara Nasution SH SIK MM, menjelaskan agar situasi dapat dikendalikan terutama yang dilapangan “Ingat kita tidak melakukan perlawanan atau penyerangan, tapi melakukan pengamanan proyek nasional. Target pengamana kita selama 2 hari adalah 34 rumah. Jika ada  ancaman bagi petugas maupun operator tentu akan dilakukan upaya represif oleh Satgas yang terukur.” terang Kapolres Kulon Progo.

Setelah dilaksanakan selama 2 hari tahap akhir pengosongan lahan pada Jumat (20/7/18), dapat berjalan secara aman dan terkendali. Berkat kebersamaan dan usaha persuasif seluruh Aparat Keamanan dan dari Pemkab Kulon Progo.

Baca Juga :  KKSB OPM Shoot and Mutilate Indigenous Papuans in Intan Jaya

Tepat pada pukul 13.30 Wib seluruh aparat gabungan berkumpul dan apel diambil alih oleh Kapolres Kulon Progo, dengan beberapa penyampaian bahwa tugas pengamanan proses pengosongan lahan bandara NYIA dinyatakan selesai, terima kasih atas kerjasama dari seluruh Instansi yang terlibat. (NSR/bang natsir).