Kodim Depok Bersihkan dan Hijaukan Kali Pasanggrahan

Kodim Depok Bersihkan dan Hijaukan Kali Pasanggrahan

TNI AD

DEPOK – Keberadaan Sungai atau kali sangatlah penting, apalagi ketika curah hujan sangat tinggi yang akan mengakibatkan meningkatknya volume air hujan.

Jika kebersihan kali tidak dijaga dan adanya pendangkalan kali karena banyaknya sampah, ketika musim penghujan sudah dipastikan tidak dapat menampung volume air dan bisa mengakibatkan banjir.

Salah satu kali yang menjadi perhatian Pemerintah Kota Depok adalah kali Pasanggrahan di Rt. 3 Rw. 4, Kel. Pasir Putih, Kec. Sawangan, Kota Depok.

Kodim 0508/Depok bersama unsur Pemkot Depok, Polres Depok dan warga masyarakat sekitar, pagi ini melaksanakan pembersihan mengangkat sampah dan pembersihan rumput disepanjang bantaran kali Pasanggrahan tersebut, Jumat (20/07/18).

20 orang anggota Kodim Depok dilibatkan dalam kegiatan karya bhakti kali ini dengan di pimpin langsung oleh Dandim 0508/Depok Letkol Inf R. Moch. Iskandarmanto.

Dikatakan oleh Dandim bahwa kegiatan pembersihan kali bertujuan untuk meminimalisir terjadinya bencana banjir sera untuk menjaga ekosistem dan keindahan sepanjang kali Pasanggrahan. Selain pembersihan juga dilaksanakan penghijauan dengan penanaman pohon di sepanjang kali.

“Kita bersihkan kali, terutama sampah-sampah yang ada dikali kita angkat, untuk meminimalisir bencana banjir, serta kita jaga keindahan kali dengan penanaman pohon,” kata Dandim.

Lebih lanjut dikatakan Letkol Iskandar penanaman pohon selain untuk penghijauan dan keindahan, juga bertujuan untuk memperkuat struktur tanah di sepanjang kali agar tidak terjadi longsor yang dapat mengakibatkan pendangkalan.

Selain Dandim, kegiatan karya bhakti pagi ini juga dihadiri langsung oleh Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad, yang ikut terlibat langsung mengangkat sampah yang ada di kali Pasanggrahan.

Warga sekitar kali memberikan apresiasi atas usaha yang dilakukan baik Kodim, kepolisian dan Pemkot Depok, dengan banyaknya warga yang terlibat pada kegiatan kali ini. (ads)