Kosekhanudnas IV Biak menggelar upacara Peringatan Hari Bhakti TNI AU ke 71

Kosekhanudnas IV Biak menggelar upacara Peringatan Hari Bhakti TNI AU ke 71

TNI AU

Biak Papua – . Acara puncak Hari Bhakti TNI AU tahun 2018 ini dilaksanakan di Lapangan Upacara Mako Kosek Hanudnas IV , Senin (30/7) pagi.

Upacara tersebut dipimpin Panglima Kosekhanudnas IV Marsekal Pertama TNI Jorry S. Koloay, dan Bertindak selaku Komandan Upacara Hari Bhakti TNI Angkatan Udara Ke-71 dalam upacara tersebut adalah Mayor Lek Joko Dwi Maryanto,S.T., M.M. yang merupakan Alumni Akabri Udara tahun 2000. Upacara tersebut diikuti seluruh personil Gabungan diantaranya adalah Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kosekhanudnas IV, personel Komando operasi III, personel Lanud Manuhua, personel Batalyon 468 Paskhas, dan Personel Satuan Radar 241 Tanjung Barari.

Kegiatan upacara tersebut juga dihadiri Oleh Ketua Cabang dan ranting Ikkt Kosekhanudnas IV Biak beserta pengurus dan Seluruh Anggota Pia Ardhya Garini Cabang Lanud Manuhua Biak.

Dalam sambutannya, Panglima Kosekhanudnas IV menyampaikan kepada seluruh peserta dan undangan upacara agar selalu mengingat jasa pejuang yang telah gugur di saat melawan penjajah Belanda. Tepatnya pada 71 tahun silam, tanggal 29 Juli 1947.

Saat itu, ucap Panglima Kosekhanudnas IV, dimana telah terjadi peristiwa heroik yang menorehkan tinta emas, dalam perjalanan pengabdian TNI AU. Yakni serangan udara pada pagi hari yang silaksanakan oleh kadet penerbang Mulyono, Sutarjo Sigit dan Suharnoko Harbani dengan perlengkapan seadanya ditujukan terhadap kedudukan Belanda di Semarang, Ambarawa dan salatiga.

Marsekal Pertama TNI Jorry S. Koloay melanjutkan, serangan ini merupakan penerbangan pertama kali yang mampu memberikan kejutan kepada khalayak dunia secara umum khususnya pihak Belanda. Namun peristiwa heroik itu harus dibayar mahal, karena Belanda langsung melaksanakan serangan balasan dengan membabi buta, telah menembak jatuh pesawat Dakota VT-CLA yang sedang melaksanakan misi kemanusiaan.

Baca Juga :  Danwingdikum buka Suspa Binteman A-14

Inspektur Upacara yang merupakan Perwira Lulusan AAU 1992 tersebut melanjutkan, peristiwa saat itu mengakibatkan gugurnya putra putra terbaik bangsa, para perintis TNI AU. Beliau adalah Komodor Muda Udara Agustinus Adisujtipto, Komodor Muda Udara Prof. DR. Abdulrahaman saleh dan Opsir Muda Udara Adi Soemarmo.
“Setelah seluruh rangkaian kegiatan Hari Bhakti ke 71 TNI AU ini, mudah-mudahan seluruh Personel TNI AU yang berdinas di Biak papua ini dapat terus mengabdikan diri ke masyarakat, khususnya masyarakat Papua,” harap Marsma TNI Jorry S.Koloay.

Setelah upacara acara dilanjutkan foto bersama Pangkosek IV bersama Ibu ketua ikkt cabang kosekhanudnas IV dan Seluruh Undangan perwira menengah yang dinas di wilayah Biak, kemudian seluruh peserta upacara dan tamu undangan serta ibu-ibu ikkt dan Pia dipimpin Panglima Kosekhanudnas IV Biak menuju Taman Makam Pahlawan Biak untuk Ziarah.JDM/Red.