Lanal Yogyakarta Bina Bela Negara Pada Taruna Taruni Akademi Maritim Yogyakarta.

TNI AL
PK,.Yogyakarta. Pelaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter) melalui Komunikasi Sosial (Komsos), khususnya memberikan wawasan Kebangsaan dan Bela Negara merupakan hal wajib dalam satuan TNI. Baik Matra Darat, Matra Laut maupun Matra Udara. Salah satunya, seperti yang dilakukan Pangkalan TNI AL Yogyakarta, memperkenalkan tentang Matra Laut kepada para pemuda pemudi generasi muda.
Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta ini, menyelenggarakan Sosialisasi Bela Negara dan Promosi TNI Angkatan Laut kepada taruna taruni Akademi Maritim Yogyakarta (AMY), secara langsung di kampus Akademi Maritim Yogyakarta (AMY) Jl. Magelang, Mesan, Sinduadi, Mlati, Sleman, Jumat (13/07/18).
Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M. Pd., memimpin lansung prajuritnya dalam acara sosialisasi di lingkungan kampus AMY ini.
Acara diikuti lebih kurang 300 taruna taruni AMY tersebut, dihadiri para perwira staf Lanal Yogyakarta antara lain Paspotmar Lanal Yogyakarta Mayor Laut (P) Wahono, Dandenpomal Lanal Yogyakarta Mayor Laut (PM) Adhi Kurnianto, Kasipers Minpers Lanal Yogyakarta Kapten Laut (KH) Agus Mulyanto, Kaurpamgal Sintel Lanal Yogyakarta Kapten Laut (T) Sulistyo, Paset Lanal Yogyakarta Letda Laut (P) Sri Purwanti.
Turut hadir dari jajaran Pembina dan Pembimbing AMY antara lain, Direktur AMY Dr. Wegig Pratama, M.Pd, Pembantu Dir 3 AMY, Prasetya Sigit Santosa, M.Pd, Humas AMY Budi Handojo, S.H., L.L.M, Ketua Pusat Pengembangan dan Penelitaian AMY Drs. Sahudiyono, M. PA serta pamong dan pembina AMY Yogyakarta.
Acara sosialisasi diawali apel khusus di lapangan kampus AMY dipimpin oleh Danlanal Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan berupa peta laut, buku buku navigasi terbitan Pusat Hidro Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dari Danlanal Yogyakarta diterima langsung oleh Direktur AMY Dr. Wegig Pratama, M.Pd.
Kegiatan dilanjutkan pengenalan Uniform atau pakaian dinas TNI Angkatan Laut kepada taruna taruni AMY.
Acara dilanjutkan peninjauan ruang simulator, berada di lantai III gedung Kerinci kampus AMY serta dilaksanakannya paparan Sosialisasi Bela Negara oleh Danlanal Yogyakarta bertempat di lantai III gedung Baruna AMY.
Danlanal Yogyakarta dalam paparanya menyampaikan, pemahanan pentingnya jiwa dan semangat bela negara dari semua komponen bangsa. Diantaranya oleh taruna taruni AMY ikut serta dengan menghindarkan diri dari bahaya Narkoba, belajar dan berlatih dengan baik pengetahuan ilmu pelayaran dan perkapalan saat bersekolah di AMY sehingga kelak dapat menjadi aset kekuatan disemua lini maritim bangsa Indonesia.
“Bukan hanya menjadi TNI saja wujud ikut serta bela negara, dalam konsep luas bela negara dapat dilaksanakan oleh berbagai latar belakang profesi lainnya, dengan menjadi manusia Indonesia yang berkarakter dan cinta tanah air akan menumbuhkan jiwa nasionalisme yang tinggi dan akhirnya mampu mewujudkan Indonesia yang kuat dan utuh tidak mudah dihacurkan dengan berbagai cara oleh kekuatan, baik dari luar maupun dari dalam”, sebagai inti paparan Danlanal Yogyakarta.
Kegiatan promosi TNI Angkatan Laut dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk memperkenalkan profile personel, alat utama sistem senjata (Alutsista) serta tugas pokok dan fungsi TNI Angkatan Laut dalam menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia. Dalam semangat cinta tanah air dan jiwa patriotisme, para taruna taruni juga dapat diwujudkan secara nyata, dengan bergabung menjadi prajurit TNI Angkatan Laut. (NSR/bang natsir).