Lanal Yogyakarta, Bina Dan Berdayakan Petani Garam Laut Wilayah Pantai Gunung Kidul.

Lanal Yogyakarta, Bina Dan Berdayakan Petani Garam Laut Wilayah Pantai Gunung Kidul.

TNI AL

Yogya Selatan. Dalam mewujudkan pemberdayaan wilayah pertahanan laut, khususnya upaya meningkatkan perekonomian warga masyarakat desa pesisir sepanjang pantai selatan Kabupaten Gunungkidul DIY. Selasa (17/07/18) telah dilaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) oleh Satuan Kerja (Satker) Potensi Maritim (Potmar) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta. Kegiatan dimulai dengan Kunjungan dan Sosialisasi Pembuatan Garam Laut, bertempat di pantai Sepanjang Gusun Ngalos, Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.

Kegiatan Komsos Lanal Yogyakarta tersebut dipimpin langsung oleh Perwira Staf Potmar Lanal Yogyakarta, Mayor Laut (P) Wahono beserta Kepala Seksi Pembinaan Kemampuan Potmar Lanal Yogyakarta, Kapten Laut (P) Achmad S. dan diterima oleh Mudayat selaku Ketua Kelompok Tani Pembuat Garam Pantai Sepanjang.

Kunjungan tersebut merupakan kegiatan awal dalam upaya mengumpulkan data pendukung untuk perencanaan kegiatan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) yang akan dilaksanakan pihak Lanal Yogyakarta. Melalui kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Garam Laut diharapkan sasaran dapat mencetak sekurang nya 100 orang petani garam laut.

Di beberapa desa pesisir Kabupaten Gunung Kidul sesuai jadwal direncanakan akan dilaksanakan pada Minggu ke 4 bulan Agustus 2018 bertempat di balai desa Putat Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul. Selaku pelatih teknis pembuatan garam laut akan melibatkan beberapa petani garam pantai Sepanjang yang telah eksis membuat garam dan merupakan hasil binaan sebelumnya.

Selain itu dalam kegiatan tersebut Lanal Yogyakarta akan menggandeng dan bekerjasama dengan Pemprov DIY dan Pemda Kabupaten Gunung Kidul, hal ini instansi terkait antara lain, Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP), Dinas Pertanian DIY serta unsur kelompok tani Kabupaten Gunung Kidul.

Komsos yang akan dilaksanakan oleh Lanal Yogyakarta tersebut selaras dengan program kerja dan mendapat atensi khusus dari Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal V) Surabaya yang secara struktur organisasi merupakan rantai komando atas dari Lanal Yogyakarta.

Baca Juga :  Wasdal briefing Pelaku Latihan LSD II Aspek Darat dan Laut TW II TA. 2020

Dalam kesempatan briefing satker Potmar Lanal Yogyakarta, Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd menyampaikan penekanan dan arahannya bahwa program kerja Komsos sosialisasi dan pelatihan pembuatan garam laut dengan tujuan sebagai upaya pembinaan wilayah pertahanan laut wilayah kerja Lanal Yogyakarta, dengan sasaran untuk meningkatkan taraf perekonomian warga desa pesisir.

“Dengan upaya pelatihan pembuatan garam laut oleh petani garam Kab. Gunungkidul, diharapkan semakin banyak dan berkembang petani pembuat garam laut sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga, dengan demikian dapat diharapkan terwujudnya ketahanan wilayah desa pesisir dari berbagai bentuk gangguan dan ancaman, baik dari dalam negeri sendiri maupun dari pihak luar, hal ini karena sepanjang garis pantai Kabupaten Gunung Kidul secara geografis juga merupakan perbatasan dengan negara lain yakni Australia”, tutup arahan Danlanal Yogyakarta. (NSR/bang natsir).