Peserta Didik Baru, Digembleng Satgas Raider 500/Sikatan

Peserta Didik Baru, Digembleng Satgas Raider 500/Sikatan

TNI AD

           Boven Digoel, Papua- Memasuki masa orientasi siswa (MOS), ternyata satgas Raider 500/Sikatan mempunyai cara tersendiri dalam mendidik karakter para peserta didik baru di SLTPN 1, Tanah Merah, Distrik Mandobo, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

            Meskipun terlihat kaku, namun murid baru di sekolah menengah pertama itu, tak gentar untuk terus mengikuti gerakan pelatihan baris-berbaris yang diberikan oleh satgas pamtas Yonif Raider 500/Sikatan.

            Tidak hanya itu saja, ratusan siswa yang berkumpul di lapangan sekolah tersebut, terlihat semakin semangat ketika latihan mereka ditinjau langsung oleh kepala sekolah SMPN 1, Drs, Pieter Yawan, S. IP. Sabtu, 14 Juli 2018.

            Pieter menuturkan, pelatihan yang diberikan oleh satgas pamtas tersebut, rencananya akan berlangsung selama 3 hari.

            Pemberian pelatihan itu diberikan, kata Pieter, guna menunjang kedisiplinan dan terbentuknya jiwa korsa cinta tanah air bagi murid-murid barunya.

            “Memang sengaja kita berikan dan kita terapkan. Sebelumnya, saya juga berkoordinasi dengan pihak satgas untuk memberikan pelatihan kepada murid-murid baru saya,” ujar Pieter Yawan.

            Ternyata, tak hanya pelatihan baris-berbaris saja. Namun, murid baru di SMPN 1 tersebut, juga diberikan pembekalan wawasan kebangsaan dan bela negara. Pelatihan itu, diberikan langsung oleh Lettu Inf Rendra Akbar.

            Dikatakan Rendra, 3 item pembekalan yang diberikannya tersebut, dinilai sangat mampu dalam memupuk jiwa kedisiplinan ke seluruh murid baru di sekolahan itu.

            “Itu merupakan pondasi bagi tumbuhnya kedispilinan dalam diri anak-anak,” tandas Perwira Seksi Teritorial satgas Yonif Raider Sikatan ini.