Wadan Kodiklatal  Buka Program Pendidikan Dikmatra 2 dan Dikaplikasi 2

TNI AL

Kodiklatal, (5/7) Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Wadan Kodiklatal) Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M., mewakili Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P secara resmi membuka Pendidikan kematraan (Dikmatra) 2 dan Pendidikan Aplikasi (Dikaplikasi) 2 di Gedung Betelgeuse Pusdiklapa kesatrian Bumimoro, Kodiklatal, Surabaya, Kamis, (5/7).

 Pendidikan Dikmatra 2 dan Dikaplikasi 2 tersebut diikuti 40 orang dengan rincian, 15 orang mengikuti Dikmatara 2 dan 25 orang mengikuti Dikaplikasi 2.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P. dalam amanat  yang dibacakan Wadan Kodiklatal Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M.,menyampaikan bahwa Pendidikan yang akan dilaksanakan selama 2 bulan ini sangat penting bagi para siswa yang telah mengikuti diklapa di luar tni al ataupun bagi para siswa yang baru saja menyelesaikan pendidikan strata S-2, karena setelah mengikuti pendidikan ini para siswa diharapkan siap untuk mengemban tugas-tugas sebagai staf gugus tugas atau jabatan lain setara lulusan diklapa.

Adapun sasaran pendidikan ini adalah para perwira siswa mampu melaksanakan kegiatan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada tingkat gugus tugas, menyusun perencanaan operasi laut dan menyusun perencanaan dukungan logistik operasi laut sesuai prosedur dengan baik dan benar.

Dibidang karier disampaikan bahwa, prospek dan peluang karier seorang perwira tidak datang dengan sendirinya, namun sangat bergantung pada upaya dan kinerja di lapangan penugasan. Artinya, karier dan masa depan saudara akan sangat ditentukan oleh sejauhmana para perwira mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan penugasan serta mampu mengembangkan kemampuan diri dalam kompetisi yang sehat dan dinamis.

Dalam menjalankan tugas tidak mudah untuk dapat menjawab tantangan tugas tersebut, karena sampai sekarang masih ada beberapa persoalan kepemimpinan, antara lain kurang kuatnya karakter pemimpin, kurang memiliki kompetensi untuk menghadirkan perubahan, kurang memiliki integritas dan kurangnya berinteraksi serta berkomunikasi. Oleh karena itu, dalam pendidikan ini perwira siswa akan dibekali dengan berbagai pengetahuan dan kemampuan olah pikir konseptual pada tataran taktik, agar dapat diandalkan dengan tingkat kemampuan profesi yang tinggi, antisipatif dan adaptif terhadap dinamika yang terjadi di masa mendatang.

Baca Juga :  Wadan Lantamal VI Terima Kunker Tim Kemenko Polhukam

Selain itu, diharapkan proaktif mengatasi berbagai persoalan dalam situasi kritis, serta dapat mengambil keputusan secara cepat, cermat dan tepat bertumpu pada pertimbangan efektivitas dan efisiensi. Dengan demikian, hasil didik Kodiklatal khususnya para perwira harus berkualitas, memiliki integritas dan etika moral yang tinggi, memiliki futuristik, cerdas, berkepribadian baik yang pada waktunya akan mampu menggantikan para seniornya untuk menduduki jabatan di dalam maupun di luar struktur organisasi tni

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments