Dandim 0622/Kab.Sukabumi Letkol Inf. Haris Sukarman Hadiri Upacara 17 Agustus 2018

TNI AD

Sukabumi_Jum’at 17 Agustus 2018 pkl 09.24 Wib bertempat di Lapang Cangehgar Jl. A. Yani Ds. Citepus Kec. Palabuhanratu Kab. Sukabumi berlangsung giat Upacara Pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke – 73 Tahun 2018 Tk. Kab. Sukabumi dengan tema KERJA KITA PRESTASI BANGSA, Untuk SUKABUMI LEBIH BAIK Bertindak sebagai Irup Bupati Sukabumi (Drs. Marwan Hamami, MM), Danup, Lettu Arm Witono, Paup Kasatpol PP Kab. Smi (Bpk. Dedi Chardiman, Sip) di hadiri lk 1.500 orang.

Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 73 Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2018 berdasarkan
Surat Keputusan Bupati Sukabumi Nomor : 003.5/Kep. 894 – Kesbangpol/2013 tanggal 26 Juli 2013 tentang Panitia Peringatan Hari Besar Nasional Tingkat Kabupaten Sukabumi.

Hadir dalam giat tersebut, Kasetda Kab. Sukabumi, Drs. Iyos Somantri
Unsur Perangkat Daerah Kab. Sukabumi,Dandim 0622/Kab. Smi, Letkol Inf Haris Sukarman,Kapolres Sukabumi, Akbp Nasriadi, Sik. MH,Danpuslatpurmar Antralina di wakili, Kapten Mar Yayan,Dansatradar TNI AU, Mayor Lek Panca Prawira, Danposal Palabuhanratu, Pelda Bek Daden, Veteran, Tomas, toga, toda serta tamu undangan lainnya.

Sedangkan Susunan Pasukan Upacara antaralain, 1 Tim Korsik Gita Bahana Praja Korpri Kab. Sukabumi,1 Sst Kodim 0622/Kab. Smi, 1 Sst Yonif 310 KK, 1 Sst Yonarmed 13 Kostrad,1 Sst Gabungan Puslatpur Marinir Antralina dan Satradar TNI AU, 2 Sst Polres Smi,1 Sst Satpolair Res Smi,1 Sst Korpri, 1 Sst Satpol PP,1 Sst Dishub Kab. Smi,1 Sst Damkar Kab. Smi,1 Ssk OKP/Ormas gabungan,1 Ssk gabungan Pelajar dan Pramuka

Mengenai kegiatan Upacara Peringatan HUT RI ke 73 Dandim 0622/ Kabupaten Sukabumi Letkol Inf. Haris Sukarman memyampaikan apresiasinya kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga :  Peringatan HUT Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu di Negeri Nusalaut

” Puji serta syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT, salah satu nikmat terbesar yang diterima oleh Bangsa Indonesia adalah nikmat kemerdekaan. Pada bulan Agustus ini, selain kita memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, kita juga memperingati Hari Veteran Nasional pada tanggal 10 Agustus 2018. Untuk itu, atas nama Pemerintah Kab.Sukabumi dan pribadi, saya ucapkan selamat Hari Veteran Nasional kepada para veteran, sekaligus ucapan terima kasih atas jasa-jasa memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Semoga kami sebagai generasi penerus bangsa dapat meneladani semangat dan jiwa patriotisme para veteran, khususnya dalam mengisi kemerdekaan ini,”ungkapnya.

Disampaikan Dandim bahwa, Tanggal 10 Agustus juga ditetapkan sebagai salah satu hari bersejarah nasional yaitu Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 71 Tahun 1995. Selanjutnya, setiap tanggal 14 Agustus juga diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka, saya Atas nama Ketua Majelis Pembimbingan Gerakan Pramuka Cabang (Mabicab) Kab. Sukabumi mengucapkan Dirgahayu Gerakan Pramuka yang ke 57.

Selanjutnya, Peringatan ini tentunya bukan hanya seremonial semata, namun harus dijadikan sebagai bahan evaluasi, motivasi serta integritas jati diri seorang anggota pramuka.Kemerdekaan juga merupakan titik awal bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan semua harapan berbangsa dan bernegara yang termaktub dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945, yakni memiliki Indonesia yang Melindungi Segenap Bangsa Indonesia dan Seluruh Tumpah Darah Indonesia dan Untuk Memajukan Kesejahteraan Umum, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, dan Ikut Melaksanakan Ketertiban Dunia Yang Berdasarkan Kemerdekaan, Perdamaian Abadi dan Keadilan Sosial”.

Selain itu, Hari Ulang Tahun Ke 73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2018 ini merupakan tahun yang sangat istimewa bagi Indonesia karena selain bertepatan dengan 73 tahun Kemerdekaan RI, kita juga menyambut ajang ASIAN GAMES XVIII (Delapan Belas) dimana Indonesia diberi kepercayaan kembali untuk menjadi tuan rumah setelah 56 tahun.

Baca Juga :  Safari Ramadahan Pangdivif 1 Kostrad ke Yonarhanud 1 Kostrad

Masih ditempat yang sama Letkol Inf Haris Sukarman meyampaikan, Pada perayaan 73 tahun Kemerdekaan RI kali ini, terlahir 2 tema utama yang bersinergi yaitu Energi dan Kerja. Energi yang berarti sumber semangat (secara internal) memancar keluar (secara eksternal) titik fokus. Kerja memiliki arti selalu bergerak/aktif.
Tema Energi diambil dari identitas ASIAN GAMES XVIII (Delapan Belas) yaitu The Energy of Asia. Sementara tema Kerja merupakan cerminan pemerintahan Joko Widodo selama 4 tahun terakhir untuk perubahan yang lebih baik. Tema Nasional Kerja Kita, Prestasi Bangsa Tema Kab. Sukabumi Kerja Kita Prestasi Bangsa Untuk Sukabumi Lebih Baik.

Dandim juga mengajak kepada seluruh elemen Masyarakat untuk bersama-sama mengeerakan Kerja. “Prestasi Bangsa ingin menjadi gerakan nyata yang diharapkan mampu membangkitkan semangat rakyat dalam mewujudkan impian Indonesia Merdeka. Gerakan Kerja Kita, Prestasi Bangsa tentunya bukan lagi sekedar sebuah slogan, melainkan telah berwujudkan oleh Kab. Sukabumi menjadi deretan prestasi yang dapat kita raih bersama, sudah sangat banyak sekali prestasi dan penghargaan yang diterima oleh Kab. Sukabumi, baik tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional,”imbuhnya.

Seluruh prestasi maupun penghargaan yang telah diraih tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi ada perjuangan besar dari seluruh jajaran pemerintah Kab. Sukabumi, dan tentunya keberhasilan itu juga tidak terlepas dari doa dan dukungan dari seluruh masyarakat.

“Atas nama Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi dan pribadi saya menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Pemda, TNI PORLI, Instansi Vertikal, pihak-pihak yang terkait dan juga seluruh Masyarakat pada umumnya. Ke depan kita berharap prestasi-prestasi ini terus ditingkatkan paling tidak dapat dipertahankan oleh pemerintah .

Dalam rangka menyambut ASIAN GAMES Ke- XVIII (Delapan Belas) Jakarta-Palembang 2018, perlu saya sampaikan bahwa setidaknya 7 Kabupaten dan kota di Jawa Barat akan terlibat dalam ASIAN GAMES 2018. Di antaranya, Kota Bandung, Kab. Bandung, Kab. Subang, Kab. Majalengka, Kab. Bekasi, Kota Bekasi, dan Kab. Bogor, meskipun Kab Sukabumi tidak terlibat secara langsung dalam ASIAN GAMES 2018, sebagai komponen bangsa sudah selayaknya untuk berperan aktif sekecil apapapun dalam pelaksanaan ASIAN GAMES tersebut, salah satunya dengan cara mendo’akan agar pelaksanaan pesta olahraga negara-negara se-Asia dapat berjalan dengan aman dan lancar, dan mudah-mudahan Bangsa Indonesia sebagai tuan rumah dapat meraih juara dalam ASIAN GAMES tahun 2018 dan juga sukses menjadi penyelenggara ASIAN GAMES Ke- XVIII (Delapan Belas) Jakarta-Palembang 2018” DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA “MERDEKA”pungkasnya.

Baca Juga :  Mewujudkan Rasa Hormat Kepada Bendera Merah Putih, Korem 091/ASN Setiap Senin Rutin Gelar Upacara Bendera

(Hasbi /Satiman)