Dandim 0703/Cilacap Hadiri Acara Ramah Tamah Gada Bercahaya Angkatan XXVII Kabupaten Cilacap

Dandim 0703/Cilacap Hadiri Acara Ramah Tamah Gada Bercahaya Angkatan XXVII Kabupaten Cilacap

TNI AD

Cilacap – Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto menghadiri acara Ramah Tamah Gelar Anak Daerah Angkatan XXVII Kabupaten Cilacap tahun 2018 yang digelar di Pendopo Wijayakusuma Sakti Kabupaten Cilacap Jl. Jend. Sudirman No. 32 kelurahan Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap, Rabu (15/8) malam.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh segenap unsur Forkopimda, Setda, Pimpinan OPD, BUMN/BUMD Kabupaten Cilacap serta 144 peserta Gelar Anak Daerah Bercahaya dari 24 Kecamatan di wilayah Kabupaten Cilacap. Acara tersebut juga diramaikan dengan beberapa penampilan anak-anak muda Kabupaten Cilacap seperti Tari Ngawiji dari siswi SMPN 1 Cilacap, permainan Gitar dari Maria Tomson, siswi SMP Pius Cilacap serta Tari Goyang Cilacap dari Sanggar Tari Sekar Kinasih Cilacap.

Dalam sambutannya Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Ke 73 Proklamasi Kemerdekaan RI di Kabupaten Cilacap sekaligus sebagai ajang pembinaan generasi muda di Kabupaten Cilacap yang berprestasi dalam pendidikan di semua tingkatan. ” Jadikanlah kegiatan Gada Bercahaya ini untuk meningkatkan tali silaturahmi diantara kita, sekaligus juga untuk menambah pengetahuan dan wawasan, ” Kata Bupati

Dikemukakan Bupati Cilacap bahwa selama mengikuti Gelar Anak Daerah (Gada) Bercahaya ini,
berbagai kegiatan akan mereka ikuti diantaranya berkeliling untuk melihat berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Cilacap seperti obyek wisata bersejarah Benteng Pendem, Perusahaan besar seperti PT. Pertamina RU IV, PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap, PLTU serta PT. Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Intan Cilacap. Hal itu bertujuan agar anak-anak Gada tahu betapa beratnya perjuangan para pedahulu untuk memperoleh kemerdekaan dengan harapan akan semakin menghargai jasa-jasa para pahlawan dan menambah rasa kecintaan mereka terhadap tanah air Indonesia tercinta.

Baca Juga :  DANREM 172/PWY KUNJUNGI SATGAS 509/BY

Bupati juga menyinggung tentang penyalahgunaan dan peredaran narkoba yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan dan mengancam sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara serta membahayakan bagi generasi penerus bangsa. ” Saya minta kepada peserta Gada Bercahaya untuk menjadi agen-agen Anti Narkoba, tanamkan tekad dan semangat “Say No to Drugs” terhadap ajakan, bisikan, maupun memakai Narkoba, termasuk didalamnya minuman keras sehingga apa yang kita harapkan yakni Cilacap terbebas dari peredaran gelap narkoba dan cita-cita menuju Indonesia Negeri Bebas Narkoba benar-benar dapat terwujud,” paparnya

Diakhir sambutannya Bupati berpesan, setelah kembalinya nanti, ceritakan kepada teman-teman di sekolah masing-masing, agar mereka tertarik dan mau mengikuti jejak anak-anak Gada yakni menjadi siswa yang berprestasi. Sedangkan kepada Panitia dan Guru pendamping Bupati menitipkan agar anak-anak Gada dijaga dan diberikan pelayanan yang terbaik. Selanjutnya selepas persembahan lagu Tundukan Dunia dari siswi kelas 9 SMPN 1 Cilacap, dilanjutkan dialog dengan peserta GADA Bercahaya yang dipandu oleh Camat Adipala Drs. Teguh Prastowo, M. Si, dan Yuk Tebok selaku moderator. (Kamsi Gautama)