Kabasarnas Olah Raga Bersama Kosekhanudnas IV Biak

Kabasarnas Olah Raga Bersama Kosekhanudnas IV Biak

TNI AU

PK Biak – Kosek IV: Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi bersama rombongan melaksanakan Olahraga bersama personil Kosekhanundas IV di sela kesibukan kunjungan kerjanya ke Kantor SAR Biak pada Kamis pagi ini (30/8/2018).

Olahraga khususnya Sepakbola dan Volly merupakan hal yang tidak bisa ditinggalkan oleh Perwira Tinggi yang merupakan salah satu pendiri dari Tim Aerobatik TNI AU “Elang Biru” ini. Sedangkan yang nampak hadir juga dalam olahraga bersama Kabasarnas dengan Seluruh personel kosekhanudnas IV ini adalah Komandan Lanud Manuhua,

Marsekal Pertama TNI Fajar Adrianto, yang merupakan salah satu Pilot F-16 Terbaik yang sekaligus juga Flight Leader dalam penanganan Pelanggaran Pesawat asing di Bawean beberapa tahun silam. Seluruh asisten kosekhanudnas IV Biak juga nampak hadir dalam kegiatan Olahraga Bersama Kabasarnas ini, selain itu nampak hadir juga Komandan Satuan Radar 242 Tanjung Barari, Letkol Lek Eko Patra dan Seluruh Personel Perwira, Bintara dan Tamtama Kosekhanudnas IV Biak.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI M. Syaugi juga mengatakan bahwa “Personil SAR agar meningkatkan profesionalisme dan kemampuan dalam tugas pencarian dan pertolongan serta kemampuan pengusaaan peralatan yang dimiliki” hal ini disampaikan beliau saat melakukan tatap muka dengan personil SAR Biak di Kantor SAR di Manswam,Kabupaten Biak Numfor, Papua, Rabu (29/8/2018).

Menurut Kabasarnas, selain profesionalisme juga adanya kelengkapan peralatan SAR salah satunya helikopter untuk menunjang pekerjaan SAR di Papua yang memiliki tantangan geografis.

“Hasil kunjungan di Jayapura dan Biak, saya tekankan yang pertama karena tugas kita untuk pencarian dan pertolongan, maka perlu peningkatan profesionalisme dari sumber daya manusia. Sehingga walau peralatanannya belum lengkap, namun jika jiwa juangnya, profesionalismenya tinggi, saya yakin untuk tugas pertolongan dan pencarian akan lebih baik,” tegas Marsdya TNI M.Syaugi yang didampingi Kepala Kantor SAR Biak, Melkianus Kota.

Baca Juga :  Kembali Kasau Apresiasi Depohar 10 Dalam merebut Kemampuan Overhoul Propeler Pesawat C 130

“Saya juga memperhatian peralatan-peralatan yang kurang, khususnya di daerah Papua, banyak daerah gunung-gunung sehingga dibutuhkan helikopter. Memang kita telah memiliki 9 helikopter, tapi prioritas masih di daerah lain karena begitu banyaknya kejadian yang memerlukan penggunaan helikopter,” tambah Perwira Tinggi Alumni Akabri Udara tahun 1984 ini.

“Tahun ini kita membeli dua helikopter dan datangnya tahun depan. Mudah-mudahan ini menjadi salah satu prioritas ditempatkan di Papua, sehingga seperti yang terjadi di Oksibil beberapa waktu lalu bisa lebih cepat lagi tertangani. Jadi  yang saya sampaikan ke personil SAR bahwa khususnya profesionalisme dan pengusaaan peralatan-peralatan ini penting sehingga membantu dalam rangka pencarian dan pertolongan,” kata Pria yang mempunyai Call Sign “Wildgeese09” ini.

Marsekal Madya Muhammad Syaugi juga meminta kepada seluruh jajarannya untuk tetap bersinergi dengan potensi SAR dalam rangka mewujudkan pencarian dan pertolongan yang “CEPAT DAN TEPAT”.

Sebelumnya, Kabasarnas dan Ketua DWP Basarnas beserta  rombongan melakukan kunjungan kerja di Jayapura pada Selasa (28/8/2018) dan Kota Biak selama dua hari, dengan agenda melakukan tatap muka dengan personil SAR dan anggota DWP SAR Biak.

Kunjungan Kerja Kabasarnas bersama ibu dan rombongan ke kota Biak dengan menyempatkan diri mampir di satuan TNI AU kosekhandunas IV Biak dan kota-kota kecil lainnya di wilayah timur indonesia ini merupakan satu tolok ukur Pimpinan yang baik, karena Pimpinan TNI yang bisa “blusukan dan mau turun ke bawah” seperti inilah yang sangat diharapkan oleh seluruh personel yang dinas di daerah-daerah terpencil khususnya.

“Selanjutnya Kabasarnas dan ibu serta rombongan akan bertolak ke Jakarta pada Jumat pagi besok menggunakan pesawat Garuda Indonesia.” ungkap media center kosekhanudnas IV, Mayor Lek Joko Dwi Maryanto, ST MM. (Red/JDM)