Kaskoarmada II Lepas Latma Kakadu 2018

TNI AL
Kepala Staf Koarmada (Kaskoarmada) II Laksamana Pertama TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., didampingi Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksamana Pertama TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., melepas KRI Diponegoro (DPN)- 365 yang berlayar menuju Darwin, Australia, bertempat di Geladak KRI DPN, Dermaga Madura, Ujung Surabaya. Jum’at (24/08/2018).
Latihan yang dilaksanakan dua tahun sekali ini, terakhir dikuti pada tahun 2016 yaitu menggunakan  KRI SHN-366. Satgas Multilateral Exercise Kakadu 2018 akan berlangsung mulai tanggal 24 Agustus s.d. 22 September 2018, dengan rute diawali lintas laut dari Surabaya – Kupang – Darwin. Rangkaian kegiatan latihan bersama di Perairan Utara Australia melibatkan unsur TNI AL yaitu KRI Diponegoro (DPN)- 365 yang dikomandani Letkol Laut (P) Aminuddin Albek dan Pesud MPA CN 235 P-8301 Mayor Laut (P) Ruby Lisa dengan Pilot.
Adapun diadakannya latihan ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama militer antara TNI Angkatan Laut dan Royal Australian Navy (RAN), serta negara kawasan Asia Pasifik, guna mengasah kemampuan dan menambah pengalaman berlatih untuk mendukung tugas TNI AL di masa mendatang.
Dengan sasaran latihan terwujudnya kemampuan peserta latihan dalam mengaplikasikan materi yang dihadapkan pada dinamika latihan, meningkatnya hubungan dan kerjasama militer antara TNI Angkatan Laut, RAN dan negara negara di kawasan Asia Pasifik, meningkatnya pengetahuan, keterampilan dan kemahiran teknis/ taktis.
Turut Hadir dalam acara pelepasan Latma Kakadu 2018, Danguspurlakoarmada II, Danlantamal V, Asrena Pangkoarmada II, Asops Pangkoarmada II, Aslog Pangkoarmada II, Aspers Pangkoarmada II, Aspotmar Pangkoarmada II, Dankolatkoarmada II.