Kodim 0731 Kulon Progo Laksanakan Upacara Bendera Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke 73 Tahun 2018.

Kodim 0731 Kulon Progo Laksanakan Upacara Bendera Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke 73 Tahun 2018.

TNI AD

Yogya Barat. Seluruh Anggota Kodim 0731/Kulon Progo dan Kanminvetcad IV/17 Militer/PNS, Jum’at (17/08/18), pukul 06.45 WIB, melaksanakan Upacara Bendera Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 2018.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Letkol Inf Dodit Susanto, A. Md., (Dandim 0731/Kulon Progo), Komandan Upacara Kapten Inf Rismanto (Danramil 02/Temon), Perwira Upacara Kapten Czi Purnama (Pasipers) dan Pembaca UUD 1945 Kapten Inf MB. Berhen Sukoco (Pasiops).

Amanat Kepala Staf Angkatan Darat yang dibacakan oleh Irup antara lain disampaikan bahwa upacara yang kita laksanakan setiap tahun ini sepatutnya menjadi momen istimewa yang membawa kita kembali untuk flash back pada sejarah kemerdekaan Bangsa Indonesia puluhan tahun silam. Tidak ada klaim bahwa kemerdekaan itu diraih berkat jasa sekelompok orang, karena para pejuang saat itu tidak mengenal pertentangan SARA. Semua bersatu, rela berkorban demi satu tujuan, lepas dari penjajahan yang menyengsarakan rakyat dan seluruh Bangsa Indonesia. Momen peringatan HUT Kemerdekaan RI ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi kita untuk melaksanakan evaluasi terhadap eksistensi Bangsa Indonesia saat ini, serta berinstropeksi atas karya apa yang telah kita dedikasikan untuk menjaga eksistensi tersebut.

Kedudukan Indonesia yang dihormati di dunia tersebut turut diperkuat dengan peran penting TNI khususnya TNI AD, sebagai kekuatan militer yang disegani baik dengan kontribusinya dalam menangani berbagai gejolak didalam negeri maupun prestasinya di dunia internasional. TNI AD selalu terdepan dalam upaya mitigasi bencana dan bergerak cepat dalam mengatasi konflik, separatisme dan terorisme bersama Polri di berbagai wilayah tanah air. TNI AD juga turut menunjukkan perannya dalam pengawasan dan membantu pembangunan kawasan perbatasan bekerjasama dengan institusi pemerintah lainnya.

Baca Juga :  Pangdam XII/TPR Pimpin Sertijab Danbrigif 19/KH dan Penyerahan Jabatan Golongan IV

Kedepan kita akan menyambut pesta olahraga Asean Games ke-18 di Jakarta dan Palembang. Sebagai elemen bangsa, sebuah keniscayaan kita untuk mendukung pemerintah dalam dalam menyukseskan pesta olahraga tersebut dan mendukung atlet atlet kita agar berprestasi secara maksimal.

Berkaitan dengan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang, TNI AD dituntut untuk tetap konsisten menjaga netralitasnya sebagai alat negara dibidang pertahanan yang sudah diamanatkan oleh UU untuk tidak terlibat dalam politik praktis.

Pada peringatan HUT ke 73 Kemerdekaan RI ini, kita mengambil tema “Kerja Kita, Prestasi Kita”. Sesuai dengan tema tersebut saya berharap agar semangat untuk bekerja dan tekad kuat untuk terus berprestasi dapat diaplikasikan ke seluruh Prajurit dan PNS TNI AD dalam kehidupan sehari-hari melalui peningkatan kinerja dan profesionalisme. Prestasi kerja hanya bisa dicapai dengan berdisiplin, bersikap jujur, bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan.

Diakhir amanatnya Kasad mengucapkan “Dirgahayu Republik Indonesia”, semoga Tuhan Yang Maha kuasa seantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita dalam melanjutkan pengabdian kepada TNI AD, Bangsa dan Negara Kesatuan RI yang sangat kita cintai. (NSR/bang natsir).