Komandan Pasmar 2 Meresmikan Perubahan Nama-Nama Satuan Di Jajaran Pasmar 2

Komandan Pasmar 2 Meresmikan Perubahan Nama-Nama Satuan Di Jajaran Pasmar 2

TNI AL

Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi memimpin upacara peresmian perubahan nama-nama satuan jajaran Pasmar 2, di Lapangan Apel Mako Pasmar 2 Kesatrian Marinir Moekijat, Gedangan, Sidoarjo. Selasa (21/08/2018).

Peresmian perubahan nama satuan di jajaran Pasmar 2, berdasarkan Perkasal nomor 18 tahun 2018 dan surat telegram Komandan Korps Marinir nomor: ST/1412/2018 tanggal 15 Agustus 2018, sebagai tindak lanjutnya, Pasmar 2 segera melaksanakan penyesuaian satuan-satuan dibawah jajarannya, yaitu Brigade Infanteri-1 Marinir menjadi Brigade Infanteri 2 Marinir, Resimen Kavaleri-1 Marinir menjadi Resimen Kavaleri 2 Marinir, Resimen Artileri-1 Marinir menjadi Resimen Artileri 2 Marinir, Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir menjadi Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir dan Batalyon Intai Amfibi-1 Marinir menjadi Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir.

Dalam sambutannya, Komandan Pasmar 2 mengatakan, “Baru saja telah kita ikuti bersama prosesi perubahan empat Dhuaja Kolak Pasmar 2 dan satu Tunggul Satlak Pasmar 2, yang merupakan realisasi dari rencana pengembangan dan validasi organisasi Korps Marinir sebagai upaya restrukturisasi demi terwujudnya struktur organisasi Korps Marinir sesuai dengan rencana strategis tahun 2015 s/d 2019, guna lebih mengoptimalkan pelaksanaan tugas, peran, dan fungsi Korps Marinir dalam rangka menegakkan kedaulatan negara dan menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia di tengah-tengah tantangan yang semakin berat dan ancaman yang semakin kompleks serta multidimensional”.

Lebih lanjut dikatakan “Korps Marinir yang merupakan bagian integral TNI Angkatan Laut, terus berupaya untuk melaksanakan penataan dan pengembangan organisasi demi mewujudkan kekuatan pertahanan nasional yang tangguh dan kuat, sehingga dapat menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang telah tertuang dalam postur TNI AL sampai dengan 2024. Dengan harapan, TNI AL dalam hal ini Korps Marinir mampu untuk menangkal segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu kedaulatan bangsa Indonesia dengan menyesuaikan kondisi dan situasi wilayah geografis Indonesia”.

Baca Juga :  Peringati HUT Ke-76 Pomal, Kasal Jadikan Pagelaran Wayang Kulit Sebagai Suri Teladan Kehidupan

“Terhitung mulai hari ini, Selasa tanggal 21 Agustus 2018, perubahan nama satuan di jajaran Pasmar 2, saya nyatakan telah diresmikan penggunaannya. Kepada seluruh Kolak maupun Satlak di jajaran Pasmar 2 untuk segera mengikuti dan menyesuaikan perubahan nama satuan ini”, kata Daspasmar 2 di akhir amanatnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Pasmar 2 Kolonel Marinir Ludi Prastyono, para Asisten Danpasmar 2, para Komandan Kolak/Satlak Pasmar 2 dan perwira di jajaran Pasmar 2.