Kosekhanudnas IV Menjadi Panitia Upacara Penurunan Bendera Dalam Rangka HUT Ke-73 RI  di Kab.Supiori

Kosekhanudnas IV Menjadi Panitia Upacara Penurunan Bendera Dalam Rangka HUT Ke-73 RI di Kab.Supiori

TNI AU

Supiori-Ksk IV. Sama Halnya dengan Upacara memperingati detik-detik Proklamasi HUT RI ke-73 tadi pagi di Kabupaten Supiori. Upacara penurunan bendera(aubade) di kabupaten Supiori Biak Timur dilaksanakan di tempat yang sama seperti tadi pagi yaitu di Lapangan Pariem.

Dengan susunan pejabat upacara sebagai berikut; bertindak selaku Inspektur Upacara Penurunan Bendera adalah Wakil Bupati Supiori Bapak Onisius Rumere, Sebagai Komandan Upacara Kapten Lek Tresno (Kosek IV), sedangkan sebagai Komandan Paskibraka Tim Penurunan Bendera adalah Lettu Pas Bandung (Kosek IV), dengan petugas Pembawa bendera Sdri Melanin yang merupakan Siswi SMAN Supiori. Sedangkan petugas penurunan Bendera adalah Epert, David dan Orisam.

Ketiganya merupakan putra terbaik Supiori yang ikut bergabung dalam Tim Paskibraka Kabupaten Supiori. Seluruh Rangkaian upacara baik Penaikan Bendera pagi dan Penurunan Bendera Sorenya telah diatur oleh Perwira Upacara dari perwira Kosekhanudnas IV Biak yaitu Letnan Satu Lek Nata, yang merupakan lulusan Akabri Udara tahun 2012.

Upacara penurunan bendera sang saka merah putih digelar di Lapangan Pariem Kabupaten Supiori dengan dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Supiori, Ketua DPRD, Unsur Ferkopimda Kabupaten Supiori,Asisten Kosekhanudnas IV Biak, Letkol Sus Aris yang sekaligus mewakili Panglima Kosekhanudnas yang saat ini sedang melaksanakan Kursus Sishanudnas Eksekutif di Surabaya, Para perwira staf dan anggota kosekhanudnas IV, Perwakilan anggota dari Satuan Radar 242 Tanjung Barari, Perwakilan anggota Paskhas Batalyon 468 Biak, perwakilan Personel Korem Biak, Personel Kodim Kabupaten Supiori, Perwakilan Personel Lanal Biak, segenap TNI Polri se Kabupaten Supiori, unsur-unsur pemerintah kabupaten Supiori dan seluruh pelajar baik itu SD, SMP, SMU se Kabupaten Supiori.

Lebih dari 500 undangan dan pasukan ikut dalam upacara penurunan bendera (aubade) hari kemerdekaan RI ke -73 di Kabupaten Supiori ini, dan “Memang tidak sebanyak saat upacara penaikan Bendera tadi pagi,karena kendala transportasi, sudah banyak pelajar dan peserta upacara yang jauh sudah kembali ke daerahnya masing-masing tadi siang, Sama halnya yang dilaksanakan personel maupun pasukan yang domisili nya di Biak termasuk Personel Kosekhanudnas IV yang sudah berangkat menuju kabupaten supiori sejak pukul 03.00 Wit (3 jam perjalanan), namun demikian seluruh rangkaian upacara peringatan HUT RI ke -73 di kabupaten Supiori dapat terlaksana secara aman,lancar dan Khidmat tanpa mengurangi makna nya,” Ungkap Media Center Kosekhanudnas IV, Mayor Lek Joko Dwi Maryanto, ST MM.

Baca Juga :  Babinpotdirga Lanud Sam Ratulangi Pimpin Warga Tasuka Bersih Bersih

Yang menjadi istimewa di sini adalah Kosekhanudnas IV mendapat kepercayaan untuk membina,melatih dan menggembleng siswa siswi SMA dari Kabupaten Supiori selama kurang lebih 3 minggu untuk menjadi Pasukan Paskibraka pada upacara 17 agustus 2018 di Kabupaten Supiori, yang sebelum sebelumnya adalah dilaksanakan oleh korem biak atupun kodim Supiori, tambahnya. Jumat(17/8).

Pelaksanaan Upacara Penurunan Bendera di Kabupaten Supiori dilaksanakan lebih awal dikarenakan ada Kegiatan DO’A bersama Sebagai wujud Syukur Terhadap HUT Kemerdekaan RI. Prosesi Penurunan sang saka merah putih dilakukan tepat pukul 18.00 WIB. Formasi Paskibraka Penurunan Sang saka merah putih Sedikit mengalami perubahan dari Formasi pengibaran sang merah putih yang dilakukan pagi tadi. Kegiatan Upacara berakhir tepat Pukul 18.30 WIB yang ditandai dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara (Wakil Bupati Supiori) bahwa upacara penurunan bendera telah selesai dilaksanakan.(Red/JDM)