Lomba Marching Band Dan Lukis, Komsos Kreatif Kodim 0731 Kulon Progo.

Lomba Marching Band Dan Lukis, Komsos Kreatif Kodim 0731 Kulon Progo.

TNI AD

Yogya Barat. Kodim 0731 Kulon Progo dalam pelaksanaan Komunikasi Sosial (Komsos), kali ini mengadakan Komsos Kreatif yang dilaksanakan pada Sabtu (11/08/18). Bidang yang dilaksanakan kali ini berupa, lomba Marching Band dwn lomba lukis. Dalam lomba marching band di ikuti dari tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK se Kulon Progo. Sedangkan untuk lomba melukis dibuka untuk umum, pada lomba lukis ini ada 30 peserta yang mengikuti.

Rute Lomba Marchingband, star didepan Rumah Dinas Bupati Kulon Progo dan finish di Alun-Alun Wates sebelah timur, dengan jarak tempuh kurang lebih 5 km.. Sedangkan untuk lomba lukis dilaksanakan di Gasebo depan Rumah Dinas Bupati Kulon Progo.

Tampak hadir dalam acara ini Unsur Forkopimda Kulon Progo, Letkol Inf Dodit Susanto, A. Md., (Dandim), Kapolres Kulon Progo AKBP Anggara Nasution,SH. SIK. Dansatradar 215 Congot Letkol Lek Bambang Suyono,M.Han. Kadis Pendidikan, Ka Kesbangpol, Kadis Kebudayaan, Ketua beserta Pengurus PDBI Kulon Progo, Para Yuri dan Guru Pendamping serta Danramil Jajaran Kodim 0731/Kulon Progo.

Masyarakat Kulon Progo juga tampak memadati seputaran Alun-Alun Wates dan sepanjang rute yang akan dilewati oleh peserta lomba, untuk menyaksikan dan memberikan dukungan.

Dalam sambutannya, Dandim mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin dan peserta lomba yang telah meluangkan waktu untuk mengikuti dan menghadiri acara ini.
“Kodim 0731/Kulon Progo dalam melaksanakan pembinaan wilayah tanpa dukungan dari segenap komponen masyarakat, terutama Lembaga Pendidikan dan Dinas terkait, rasanya sulit diwujudkan. Tujuan dari lomba ini adalah untuk menjalin tali silaturahmi antara Prajurit Jajaran Kodim 0731/Kulon Progo dengan segenap komponen bangsa. Selain itu juga dapat dimaknai sebagai wahana untuk menggugah serta mengajak seluruh komponen bangsa untuk ikut berpartisipasi dalam menyikapi dan mengatasi berbagai permasalahan bangsa” jelas Letkol Inf Dodit Susanto.

Baca Juga :  Danbrigif 15/Kujang II, Beri Penghargaan kepada Prajurit Berprestasi

Selain itu melalui Lomba Marching Band ini diharapkan terjalin hubungan emosional yang positif dan harmonis serta jalinan kerja sama yang baik antara prajurit dengan masyarakat. Diakhir amanatnya Dandim mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada segenap komponen masyarakat dan dinas terkait yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mudah-mudahan kebersamaan ini dapat terus dipelihara dan ditingkatkan sebagai wujud pengabdian kita dalam mendukung suksesnya program pembangunan nasional khususnya di Bidang Pendidikan.

Acara berikutnya adalah pelepasan peserta yang ditandai dengan pengibaran bendera star oleh Dandim, didampingi segenap pejabat yang hadir. Provost dan Anggota Kodim bersama dengan Polres melaksanakan pengamanan dititik-titik yang telah ditentukan. Setelah star peserta melaksanakan kreasi didepan tribun kehormatan, kemudian jalan sesuai rute yang ditentukan sampai akhirnya satu persatu peserta memasuki finish. Kurang lebih pukul 14.00 WIB acara Lomba Marchingband dan Lukis, selesai dan dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman.

Dari hasil penilaian Para Yuri, keluar sebagai Juara I : SMP N 1 Wates, Juara II : SMP 4 Wates, Juara III : MTsN 3 Kulon Progo dan Juara Harapan : SMP Muh 2 Wates. Sedangkan untuk lomba lukis Juara I : Arifyun, Juara II : Teguh Paino, Juara III : Anto Sukanto, Juara Harapan : Irfan Kusworo. Selain mendapatkan tropi, juara lomba juga mendapatkan uang pembinaan dari Kodim 0731/Kulon Progo. (NSR/bang natsir).