Panglima Kosekhanudnas IV Biak Tutup Latihan Kilat dan Cakra D-18 TA.2018

Panglima Kosekhanudnas IV Biak Tutup Latihan Kilat dan Cakra D-18 TA.2018

TNI AU

PK. Biak,. —– Latihan Cakra dan Kilat  D-18 2018 Kosekhanudnas IV yang berlangsung sejak 2 Agustus 2018 resmi ditutup oleh Pangkosekhanudnas IV Marsma TNI Jorry S. Koloay, S IP., M.Han , Selasa (7/8/2018) sore di Apron Hanggar Lanud Manuhua Biak.
Menurut Pangkosekhanudnas IV seluruh materi yang dilatihkan dapat terlaksana dengan optimal oleh lebih dari 500 personil,sedangkan pencapaian hasil latihan tersebut akan dievaluasi terkait koordinasi semua unsur yang terlibat.

“Pelaksanaan kegiatan ini bisa kita laksanakan seoptimal mungkin dan dari berbagai evaluasi kegiatan yang perlu ditingkatkan adalah koordinasi dan kerjasama antar unsur didalam pelaksanaan tugas yang memerlukan kecepatan dan respon yang tinggi dalam operasi pertahanan udara nasioanal,”ujar Marsma TNI Jorry Koloay.

“Latihan ini langsung dipantau pimpinan di tingkat pusat di Kohanudnas  dan di Mabes TNI karena memang latihan ini sangat penting untuk peningkatan kemampuan personil dan satuan atau unsur,dan bisa kita lihat bagaimana negara dalam hal ini TNI AU  memperhatikan kemampuan dan kualitas ini dengan mengirim pesawat tempur, pesawat hely dan pesawat angkut dalam rangka mendukung kegiatan di wilayah timur ini,”tuturnya

“Kami juga bersyukur dengan pelaksanaan kegiatan selama seminggu ini dapat dikatakan optimal karena seluruh materi latihan dapat disampaikan dan dilaksanakan sesuai skenario,sedangkan evaluasi yang seperti saya sampaikan yaitu perlu adanya peningkatan dalam kerjasama dan  koodinasi dari seluruh unsur dan satuan-satuan ang terlibat,” ungkap Pangkosekhanudnas IV.

Latihan Kilat dan Cakra D-18 2018 Kosekhanudnas IV melibatkan pesawat tempur Hawk 100/200 dari Skadron 1 Lanud Supadio Pontianak, pesawat Boeing 737 dari Skadron 5 Lanud Hasanudin Makasar , pesawat Heli EC-725 Super Cougar dari Skadron 6 Lanud Atang Sanjaya Bogor untuk dukungan SAR, pesawat Herkules dari Skadron 31 Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta, Skadron 32 Abdulrahman Saleh Malang, dan MCC radar sipil Biak. Selain itu Satrad dibawah jajaran Kosekhanudnas IV yaitu Satrad 242 Tanjung Warari Biak,243 Timika, 244 Merauke dan Satrad 245 Saumlaki, juga Lanud yang berada dibawah Komando Operasi TNI AU (Koopsau) III yaitu Lanud Manuhua Biak, Lanud Silas Papare Jayapura, Lanud Johanis Kapiyau Timika, Lanud Leo Watimena Morotai dan Lanud Patimura Ambon.

Baca Juga :  Antusias, Ribuan Warga Bandung Ikuti Serbuan Vaksinasi Di Seskoau

Acara Upacara penutupan latihan Kilat dan Cakra D-18 ini dihadiri para Komandan Satuan TNI Polri sekitar Biak dan unsur-unsur yang terlibat dalam latihan termasuk seluruh anggota Kosekhanudnas IV Biak.(Red)