TNI AL Rangkul Masyarakat Lampulo Aceh Berdayakan Potensi Maritim

TNI AL Rangkul Masyarakat Lampulo Aceh Berdayakan Potensi Maritim

TNI AL

PK. Sabang, Agustus 2018 ,.— Selain menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah TNI AL juga melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan.

Tugas itu dilaksanakan melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP)
Untuk itu Angkatan Laut Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.
TNI AL dalam hal ini Pangkalan TNI Sabang melakukan Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) bersama masyarakat Nelayan Lampulo Banda Aceh, kegiatan ini menjadi hal penting yang harus selalu dibina dengan baik karena berkaitan dengan masyarakat. Karena TNI lahir dari rakyat, sehingga jalinan hubungan TNI-rakyat menjadi sesuatu yang tak terpisahkan.

Itulah yang dilakukan TNI AL dalam hal ini Staf Potensi Maritim (Spotmar) Kasal melalui Lanal Sabang melaksanakan Komsos dengan komponen masyarakat nelayan Kampong Lampulo di wilayah kerja Lanal Sabang, tepatnya di Balai Nelayan Lampulo (Kamis 30/8).

Kegiatan ini dipimpin Paban IV Komsosmar Spotmar, Kol Laut Djakaria PG, S.Sos,.M.A mewakili Asisten Potensi Maritim Kasal Laksda TNI Edi Sucipto, S.E,.M.M dan dihadiri Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Edy Haryanto, S.E, perwira staf Lanal Sabang, Kepala Polairud, Kepala KSOP Banda Aceh, Kepala Stasiun PSDKP Banda Aceh, Pemda Banda Aceh dan jajaran, para Panglima Laot, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Ormas setempat.

Komsos yang dipadati sekitar 150an masyarakat Lampulo mayoritas nelayan ini, mendapat pembengkalan antara lain pengetahuan meliputi Kesadaran Bela Negara yg disampaikan Letkol Nasrudin,S.T., M.Tr.Han, sedangkan materi Batas Negara & Navigasi Laut disampaikan Mayor Laut (P) Yoni N kusumawan,S.E yang sehari-hari menjabat Pasops Lanal Sabang untuk materi Peraturan Per-UU Perikanan dan Pelayaran disampaikan oleh PSDKP lampulo dan keselamatan Pelayaran dan Kesehatan Kelautan dari KSOP.

Baca Juga :  Danlantamal IV Kunker Ke Lanal Tarempa

“Diharapkan masyarakat nelayan semakin peduli dengan keselamatan diri pribadi, lebih aware untuk menggunakan alat keselamatan berlayar dan bernavigasi yang berguna pada kondisi cuaca buruk, dengan tetap memiliki semangat berbangsa dan bernegara serta kian eratnya hubungan TNI/Rakyat guna kepentingan Pertahanan dan Keamanan Negara,” jelas Kolonel Djakaria.

“Komsosmar juga sebagai sarana silaturahmi antara TNI AL dengan elemen masyarakat khususnya para nelayan binaan di wilayah kerja Lanal Sabang. Masyarakat pesisir seperti nelayan ini adalah mata dan telinga kami di garda terdepan, seperti halnya di wilayah Lampulo yang juga berada di perbatasan negara,” ungkap Kolonel Djakaria.
Disamping itu “kehadiran saya dengan staf adlh dalam rangka melaksanakan Pengawasan & Evaluasi (Wasev) guna melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan Komsos dilapangan untuk mendapatkan saran/masukan sbg bahan evaluasi utk perbaikan giat Komsos yang akan datang,” tambah Kolonel Djakaria

Diakhir acara diadakan Pemberian Peta Laut kepada Panglima Laot dan Nahkoda kapal nelayan Lampulo.