Koramil 06/Kesugihan Sukseskan Program Kependudukan Melalui Kegiatan Baksos TNI Manunggal KB Kesehatan

Koramil 06/Kesugihan Sukseskan Program Kependudukan Melalui Kegiatan Baksos TNI Manunggal KB Kesehatan

TNI AD

Cilacap – Dalam rangka mensuskseskan program KB untuk menekan tingginya rasio pertumbuhan penduduk nasional, Koramil 06/Kesugihan melaksanakan kegiatan Baksos TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) bekerjasama dengan PLKB dan Puskesmas Kesugihan yang dilaksanakan di Puskesmas II Kesugihan Desa Karangkandri Kecamatan Kesugihan, Selasa ( 18/9).

Melalui kegiatan Baksos TMKK ini diharapkan capaian program kependudukan dari BKKBN yang bekerjasama dengan TNI dapat berjalan efektif dan efesien hingga ke pelosok terpencil seluruh lapisan masyarakat karena TNI merupakan mitra kerja bagi BKKBN yang sangat potensial di lini lapangan dalam mempercepat keberhasilan program-program kependudukan.

Danramil 06/Kesugihan Kapten Inf Agus Sudarso melalui Bati Tuud Pelda Turmadi pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwasanya program pelayanan TMKK yang dilaksanakan di wilayah Koramil 06/Kesugihan Kodim 0703/Cilacap pada hari ini adalah yang ke dua kalinya pada bulan ini dalam rangka HUT TNI yang Ke 73 Tahun. ” Diharapkan melalui kegiatan ini kualitas kesehatan masyarakat dan tingginya rasio pertumbuhan penduduk nasional dapat tercapai.” ujarnya

Menurut Danramil, kegiatan yang dilaksanakam tersebut merupakan program pemeerintah yang bersinergi dengan TNI dan instansi terkait dalam upaya menciptakan kondisi demografi yang maksimal dalam menunjang kesehatan terutama angka kematian ibu melahirkan dapat dikurangi. ” Masyarakat Kecamatan Kesugihan sangat antusias dengan adanya layanan TMKK ini. Ini terbukti dengan banyaknya ibu-ibu yang memanfaatkan layanan ini dengan memasang alat kontrasepsi secara gratis,” terang Danramil

Dia berharap melalui pelayanan ini masyarakat memahami dengan baik bahwa dengan mengikuti program KB dapat tercipta keluarga sehat menuju sejahtera dengan cukup dua anak saja. Dengan demikian jumlah aseptor diwilayah Kecamatan Kesugihan yang dilaksanakan di dua tempat yaitu Puskesmas I dan II semakin meningkat. Pada kegiatan itu sebanyak 49 aseptor telah mendaftar dengan rincian IUD 10 aseptor dan Implan 39 aseptor.

Hadir pada kegiatan itu Bati Tuud Koramil 06/Kesugihan Pelda Turmudi dan beberapa rekan anggota Koramil, Kepala Puskesmas II Kesugihan M Hudaefa S.Kes, Kepala PLKB Kesugihan Hasto, anggota Persit KCK Ranting 7 Koramil 06/Kesugihan serta para SKD tiap desa. (Kamsi Gautama)