Tertibkan Anggota TNI, Denpom V/Madiun Gelar Gaktib

Tertibkan Anggota TNI, Denpom V/Madiun Gelar Gaktib

TNI AD
Denpom V/Madiun melaksanakan operasi penegakan ketetertiban (Gaktib) di Jl. Yos Sudarso Kota Madiun, Senin (3/9/18).Kegiatan yang melibatkan 23 orang personel Denpom V/Madiun dan jajaran dipimpin oleh Dansatlak Gakkumwal Kapten Cpm Subagyo, S.H.
Kegiatan operasi itu menyasar ke beberapa personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ada di wilayah Kota Madiun.¬†Menurut Subagyo, pelaksanaan operasi Gaktib¬† tujuan utamanya bukan untuk mencari kesalahan personel TNI, apalagi sengaja untuk menjebak memberikan perangkap jeratan hukum.”Esensi operasi gaktib tersebut lebih difungsikan dalam membantu institusi Kodam V/Brawijaya menegakkan ketertiban,” tambahnya.
“Sebenarnya yang kami lakukan ini juga untuk membantu Dansat (Komandan Satuan) dalam penegakkan hukum, disiplin dan tata tertib khususnya di luar Kesatrian, karena tentunya para Dansat memiliki keterbatasan waktu dalam mengawasi anggotanya,” ujarnya.
Ia juga menjelaskan sasaran dalam pelaksanaan Gaktib yang dilakukan meliputi pemeriksaan surat ID, surat dan kelengkapan, kelayakan kendaraan, GAM TNI, serta Stiker Satuan TNI.
“Walaupun kegiatan ini telah sering kami lakukan, namun masih sering didapati anggota yang masih melakukan pelanggaran, baik itu tidak melengkapi kelengkapan dirinya maupun kendaraannya,” kata Subagyo.