Tim Aparat Gabungan Grebeg Tempat Prostitusi Di Kampung Baru

TNI AD

Cilacap – Beralihnya fungsi rumah menjadi tempat prostitusi, membuat warga Kampung Baru Kelurahan Cilacap resah. Menyikapi hal itu, Babinsa Cilacap Koramil 01/Cilacap Sertu Darno bersama Babinkamtibmas dan Satpol PP Kabupaten Cilacap melaksanakan operasi ke sejumlah rumah yang diketahui sebagai tempat prostitusi yang berada di RW 03 Kampung Baru Kelurahan Cilacap Kecamatan Cilacap Selatan, Sabtu (22/9).

Selain mereka, operasi ke tempat prostitusi ini juga diikuti oleh Ketua RT dan RW setempat. Kegiatan ini merupakan upaya aparat setempat guna memberantas tempat-tempat prostitusi yang ada diwilayahnya. Selain itu, pemberantasan tempat pelacuran/prostitusi itu sudah menjadi kesepakatan masyarakat Kelurahan Cilacap.

” Menurut warga setempat, masyarakat resah dan sudah terganggu dengan adanya tempat-tempat protistusi yang berada di Kampung Baru itu. Mereka khawatir apabila tidak ada tindakan dari aparat setempat, akan berpengaruh terhadap masa depan anak-anak mereka,” tutur Sertu Darno

Mengenai kegiatan ini, Sertu Darno bersama aparat keamanan lainnya telah berkoordinasi dengan aparat desa. Kabin Satpol PP Kabupaten Cilacap juga sudah melayangkan Surat Peringatan (SP) I kepada pemilik rumah tempat protistusi.

Hal ini dibenarkan oleh Kabin Satpol PP, Ruswanto. Terang dia, pihaknya telah menjelaskan kepada semua pemilik rumah tempat protistusi khususnya di RW 13 Kampung Baru mengenai Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap No. 23 tahun 2003 yaitu tentang Pembarantasan tempat-tempat pelancuran/tempat-tempat protistusi. ” Kita pun sudah memberikan Surat Peringatan (SP) I kepada pemilik rumah tempat protistusi,” terang Ruswanto

Sertu Darno sebagai Babinsa diwilayah ini mendukung penuh peraturan Pemerintah Daerah tentang pemberantasan tempat prostitusi ini. Menurut informasi yang diperolehnya, hampir tiap bulannya ada 2 wanita PSK yang datang dari luar daerah. ” Mudah-mudahan dengan adanya tindakan ini, ke depannya Kampung Baru ini menjadi kampung yang bersih dan sehat serta tidak ada lagi wanita-wanita nakal yang berkeliaran dan menetap di Kampung Baru ini, ” harapnya. (Kamsi Gautama)