Anggota Persit Brebes Pelatihan Table Manner

Anggota Persit Brebes Pelatihan Table Manner

TNI AD

Brebes – Dalam kehidupan bermasyarakat terutama di era globalisasi saat ini anggota Persit KCK Cabang XXIIII Dim 0713/Brebes Koorcab 071/Wijayakusuma PD IV/Diponegoro perlu pelatihan tata cara “Table Manner”, kegiatan ini bertempat di Grand Dian Hotel Brebes, Rabu (24/10).

Kegiatan yang diadakan oleh Persit KCK Cabang XXIII Dim 0713/Brebes ini bertujuan untuk mengenalkan tata cara dan etika makan saat jamuan formal kepada para anggota Persit Brebes. Pelatihan yang diikuti oleh sekitar 20 orang Persit juga dihadiri Ketua Persit KCK Cabang XXIII Dim 0713/Brebes Ny. Febriyanti Ahmad Hadi Hariono.

Sebagai narasumber dalam pelatihan Table Manner Ibu May dari Grand Dian Hotel Brebes menjelaskan Table manner juga di sebut tata krama atau aturan yang harus dilakukan saat bersantap makan bersama di meja makan dengan petunjuk-petunjuk yang benar dalam penggunaan alat makan.

Perbedaan budaya makan dapat membuat aturan tersebut berubah-ubah yang bertujuan menambah wawasan seseorang tentang etika budaya bangsa-bangsa lain,’’ ungkap May.

Pelatihan yang berlangsung hampir 4 jam tersebut, diawali dengan penjelasan tata cara makan dalam jamuan formal, mulai dari cara melipat serbet di meja, cara menggunakan peralatan makan di atas meja, hingga etika makan formal. Tak hanya sekedar teori, para mahasiswa juga diajak untuk langsung mempraktekkan teori tersebut melalui jamuan ala hotel yang terbagi menjadi beberapa tahapan, seperti makanan pembuka (appetizer), sup (soup), makanan utama (main course), makanan penutup (dessert) hingga teh.

Sementara Ketua Persit KCK Cab. XXIII Dim 0713/Brebes, Ny. Febriyanti Ahmad Hadi Hariono berharap, dengan mengikuti pelatihan ini maka anggota persit semakin percaya diri dengan bekal ilmu etiket di meja makan, bagaimana seharusnya bersikap dan menjaga profesionalisme di segala situasi. “Artinya, dalam kondisi apapun, jamuan makan bersama teman, menemani suami, bertemu kolega, klien, atau undangan formal lainnya, kita harus tetap tampil percaya diri,” ujar Febriyanti.

Ketua Persit KCK Cab. XXIII menambahkan kegiatan ini memiliki manfaat yang besar bagi anggota Perait. Setidaknya kini kami mempunyai wawasan table manner, bukan sekadar makan bersama biasa. Di sana ada etika dan aturan-aturan yang penuh makna, serta misi yang hendak dicapai dari jamuan tersebut,” pungkasnya. (Kamsi Gautama).