30 Anggota LVRI Jatim Dapatkan Permbekalan Jiwa Semangat Dan Nilai Nilai 45 Di Kodiklatal

30 Anggota LVRI Jatim Dapatkan Permbekalan Jiwa Semangat Dan Nilai Nilai 45 Di Kodiklatal

TNI AL

Kodiklatal, (29/11).Sebanyak 30 Anggota Purnawirawan Legiun Veteran Republik Indonesia  (LVRI) DPD Jawa Timur mendapatkan pembekalan Sosialisasi Jiwa Semangat dan Nilai-Nilai 45. Pembekalan yang di buka langsung Wakil Ketua Tim Ahli Dewan Pimpinan Pusat LVRI Mayjend TNI Purn. Abdul Gani tersebut diselenggrakan di Aula Gedung E.H Thomas Kesatrian Bumimoro Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Laithan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Surabaya.

Adapun peserta Pembekalan  Sosialisasi Jiwa Semangat dan Nilai-Nilai 45 yang berasal dari Anggota LVRI DPD Jatim tersebut sebelumnya telah lolos dalam seleksi, setelah selesai pembekalan para peserta ini untuk selanjutnya melaksanakan sosialisasi ditingkat sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Jawa Timur. Hadir dalam pembukaan tersebut para perwira perwakilan Kotama TNI Polri wilayah Surabaya.

Ketua Umum DPP LVRI Letjend TNI Purn. Rais Abin dalam sambutan yang dibacakan Wakil Ketua Tim Ahli Dewan Pimpinan Pusat LVRI Mayjend TNI Purn. Abdul Gani menyampikan bahwa kegiatan ini bermula dari keprihatinan para pejuang pendiri bangsa yang melihat kondisi saat ini khususnya terhadap sikap sebagian anak bangsa yang mulai kehilangan jati diri sebagai bangsa pejuang karena  pengaruh era globalisasi yang ditandai antara lain pesatnya kemajuan teknologi khususnya teknologi komunikasi dan informasi .

Menurutnya kemajuan teknologi informasi ini mengakibatkan negara menjadi tanpa batas semua itu telah mempengaruhi hubungan antar manusia serta nilai-nilai jati diri bangsa, bahkan pemahaman atas sejarah perjuangan bangsa sendiri semakin menurun. Perjalanan sejarah bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan pun terpengaruh keadaan tersebut terutama terhadap norma dan etika para anak bangsa akibat terjadi erosi nasionalisme, menurunnya rasa kebangsaan maupun memori kolektif bangsa terhadap perjuangan para pendahulu. Demikian pula rasa toleransi dan prioritas yang lebih mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi maupun kelompok juga telah mengalami degradasi.

Baca Juga :  Selamat Datang Prajurit Marinir Muda Di Batalyon Zeni 2 Marinir

Untuk itu DPP LVRI memandang perlu di kembangkan program sosialisasi nilai-nilai kejuangan di lingkungan generasi muda yang merupakan salah satu wujud komitmen LVRI dalam upaya pewarisan nilai-nilai kejuangan bangsa. Program sosialisasi ini khususnya untuk daerah Jawa Timur dan Surabaya telah mendapat sambutan yang hangat sekaligus membanggakan baik dari masyarakat secara umum, terutama dukungan dan dorongan dari pemerintah daerah begitu besarnya.