Kapten Inf Agus Sudarso Bekali Wasbang Kepada Generasi Muda

Kapten Inf Agus Sudarso Bekali Wasbang Kepada Generasi Muda

TNI AD

PK. Cilacap – Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beribu-ribu pulau dan beratus-ratus suku dan bahasa yang menjadi satu kesatuan utuh yaitu NKRI. Keragaman itu harus tetap di pelihara melalui sikap toleransi dengan berpedoman pada Pancasila.

Hal itu disampaikan Danramil 13/Majenang jajaran Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Agus Sudarso saat memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa SMA/SMK se-Kecamatan Majenang, Senin (26/11).
Pemberian materi wasbang bagi generasi muda sangat penting untuk menamakan sikap disiplin serta jiwa rela berkorban tanpa pamrih demi tetap tegaknya NKRI.

Dalam kesempatannya, Danramil memaparkan tentang bela negara, wawasan bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara, menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara, melestarikan budaya serta mejalankan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan UUD 1945.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para siswa bahwa dirinya adalah warga negara Indonesia yang memiliki UUD 1945 dan Pancasila. Siswa diharapkan pula kian akan hak dan kewajibannya, mempunyai rasa bangga dan cinta tanah air serta rela berkorban demi kepentingan Negara dan Bangsa.

“Kita sebagai bangsa merdeka harus bisa mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai peran dan kegiatan, salah satunya adalah dengan Belajar, mengabdi kepada Orang tua, Guru dan peduli pada situasi yang terjadi, dimulai dari lingkungan kita masing masing”. Papar Kapten Inf Agus
Sudarso.

Selain itu, Danramil juga mengimbau seluruh siswa agar tetap saling menghormati terutama kepada yang lebih tua dan selalu tekun belajar karena dengan ilmu yang bermanfaat akan dapat bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, negara dan bangsa. Yang tidak kalah penting, agar generasi muda menjauhi narkoba.

Pengaruh narkoba sangat serius bagi generasi muda. Narkoba dapat merusak moral sekaligus merusak jiwa serta raganya. “Generasi muda harus menjauhi yang namanya narkoba karena sangat berbahaya bagi masa depan diri sendiri maupun bangsa Indonesia”. Tandasnya.

Baca Juga :  Hadir Dalam Peletakan Batu Pertama, Satgas Yonif MR 413 Kostrad Siap Bantu Bangun Gereja di Koya Koso

Pewarta : Sutaryo