Komandan Puslatmar Kodiklatal Buka Latihan Klandestein

TNI AL

Kodiklatal, (28/11).Komandan Pusat Latihan Marinir (Danpuslatmar) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Kolonel Marinir Kresno Pratowo secara resmi membuka latihan Klandestain personel intelijen di ruang Rapat Puslatmar, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya.

Latihan tersebut diawali dengan briefing terhadap para pelaku dan pelatih/Instruktur latihan dan dilanjutkan dengan pemberian materi/pembekalan materi di dalam kelas dan praktek di lapangan. Adapun materi latihan Klandestain meliputi Dead Drop, Life Drop, Kontak Agen, Personal Meeting (PM), dan Penjejakan Fisik.

Tujuan diadakannya latihan klandestain personel intelijen adalah untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan Antap Kodiklatal secara Profesioanal tentang tekhnis, prosedur dan taktis kegiatan operasi Intelijen yang akan melatih para siswa/calon prajurit Matra Laut.

Menurut Danpuslatmar, latihan tersebut selain untuk meningkatkan kemampuan juga untuk mencapai sasaran terbinanya tingkat kemampuan dan Profesionalisme Prajurit Antap Kodiklatal tentang Operasi Klandestain Personel Intelijen.

Puslatmar adalah unsur pelaksana Kodiklatal yang bertugas menyelenggarakan latihan integratif TNI Angkatan Laut tentang perencanaan dan pelaksanaan Latihan Satuan Khusus Marinir, Latihan Pasukan Pendarat, Latihan OMSP di darat dan Latihan Bersama Marinir dengan Pasukan Marinir negara lain serta Latihan Armada Jaya yang diselenggarakan oleh Kodiklatal.

Organisasi yang diresmikan oleh Dankodiklatal pada tanggal 14 Februari 2017 itu, mempunyai Motto Kerja Keras, Religius dan Solid. Sedangkan Visi dari Puslatmar adalah “The Spirit of Togetherness to Successfull” yang mempunyai arti “Semangat Kebersamaan Menuju Sukses”.