Komandan Puslatopsla Kodiklatal Buka Pelatihan Pengelasan Atas Air Tahun 2018

Komandan Puslatopsla Kodiklatal Buka Pelatihan Pengelasan Atas Air Tahun 2018

TNI AL

Kodiklatal, (13/11).Komandan Pusat Latihan Operasi Laut (Danpuslatopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Kolonel Laut (P) Hendri Suprianto secara resmi membuka Latihan Pengelasan Atas Air tahun 2018 yang dipusatkan di Aula Puslat Opsla Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Pelatihan yang akan berlangsung selama 4 hari tersebut diikuti  98 orang dengan rincian 12 orang penyelenggara, 8 orang pelatih dan 78 orang peserta. Dari 78 orang tersebut berasal dari perwakilan beberapa satuan Kerja di bawah Kodiklatal.

Komandan Puslatopsla Kodiklatal Kolonel Laut (P) Hendri Suprianto dalam sambutannya menyampaikan bahwa Latihan pengelasan ini merupakan lanjutan dari beberapa latihan sebelumnya yang telah dilaksanakan di Puslatopsla Kodiklatal. Adapun latihan tersebut antara lain Latihan Pertahanan Pangkalan, Latihan Pembekalan di Laut, Latihan Visit Board Search And Seizure dan latihan Tindak Pidana Di Laut.

Lebih lanjut disampaikan bahwa tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut di bidang pengelasan atas air menguasai dasar dasar pengelasan, metode dan cara pengelasan, jenis-jenis sambungan serta mengetahui gerakan elektroda yang merupakan materi dalam latihan.

Menurutnya  latihan pengelasan atas air yang akan dilaksanakan ini adalah latihan keterampilan prajurit dalam rangka membekali kemampuan personil  dalam tugas-tugas satuan, yang  tidak menutup kemungkinan profesionalisme ataupun keterampilan pengelasan atas air diperlukan dalam tugas sehari-hari maupun dalam tugas di medan pertempuran.Profesionalisme seorang  prajurit tentunya tidak akan pernah tercapai tanpa adanya latihan yang rutin dan terukur.

“Oleh karena itu sesuai dengan salah satu program prioritas saya selaku Komandan Pusat Latihan Operasi Laut berharap penyelenggaraan latihan ini dapat dilaksanakan sesuai dengan program yang telah direncanakan dan dilaksanakan dengan penuh keyakinan dan rasa tanggung jawab,  timbulkan inovasi inovasi baru dari pihak penyelenggara maupun peserta latihan agar tercipta suasana latihan yang harmonis dan tidak monoton serta manfaatkan fasilitas teknologi dan sarana prasarana secara maksimal.” Tegas Pamen melati tiga di pundak tersebut

Disisi lain disampaikan bahwa latihan pengelasan atas air ini melibatkan personil dari beberapa satker diperlukan adanya mekanisme yang baik dalam pembagian tugas. Hal ini perlu mendapatkan pelatihan tersendiri mengingat pada pelaksanaan sebenarnya diperlukan sinergi dan interoperabilitas agar mampu mencapai tugas pokok yang diberikan oleh komando atas.