Lanal Batuporon Laksanakan Uji Trampil Glagaspur P1 Dan P2

TNI AL

Lantamal V (27/11), —Untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme orajurit dalam melaksanakan tugas, Lanal Batuporon melaksanakan gladi tugas tempur pangkalan (Glagaspur) P1 dan P2 yang diikuti seluruh prajurit Lanal Batuporon di Mako Lanal Batuporon, Senin (27/11)

Danlanal Batuporon Letkol Laut (P) Teguh Wibowo, S. T. Hanla,  mengatakan bahwa Lanal Batuporon telah siap melaksanakan segala kegiatan yang akan diujikan oleh Tim Uji Terampil Kolat Koarmada II.

Ia mengaku,  meski jumlah personel Lanal Batuporon masih belum sesuai dengan Daftar Susunan Personel, namun Lanal Batuporon tetap siap untuk melaksanakan tugas tugas sebagai Pangkalan TNI AL.

Pelaksanaan uji terampil Glagaspur P-1 dan P-2 labjutnya,  merupakan upaya pimpinan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kemampuan dan kesiapan suatu pangkalan dalam menghadapi ancaman, gangguan dan serangan pihak lawan atau musuh serta hasil evaluasi oleh tim penguji Kolatamada II untuk menambah dan meningkatkan profesionalisme anggota Lanal Batuporon.

Sementara itu Katim Uji Terampil Kolat Armada ll,  Letkol Laut (P) YY Tamoni menyampaikan penekanan Komandan Kolat Koarmada II, bahwa penyelenggaraan Uji Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P-1 dan Tingkat 2/P2 merupakan salah satu fungsi Komando yang harus dilaksanakan guna menentukan tingkat kesiapan Pangkalan TNI AL.

Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P-1 dititik beratkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan/persenjataan.

 Sedangkan Tingkat 2/P-2 merupakan kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas secara bersama-sama baik secara teknis maupun taktis.

Materi-metri yang diujikan pada hari pertama tersebut antara lain tes tertulis sesuai bidang tugas, pengecekan software satuan kerja, PDD Khas TNI AL dan bongkar pasang senjata yang dilaksanakan di gedung Balai Prajurit Mako Lanal Batuporon.

Sedangkan materi yang dilaksanakan di luar Mako Lanal Yogyakarta antara lain uji terampil menembak laras panjang dan laras pendek/pistol, dilaksanakan di lapangan tembak Arsenal Batuporon dan uji renang militer serta evakusi medis di kolam renang Tirto Biru kecamatan Kamal.

Sementara itu pelaksanaan uji terampil hari terakhir, Selasa (27/11) dengan materi uji, Pemakaman dan persemayaman, Parlip dan jajar kehormatan, Penindakan Huru Hara (PHH) dilanjutkan dengan Pengendalian Masa (Dalmas) yang berhasil mengantisipasi dan mengendalikan demonstransi massa kelompok nelayan pantai Kamal yang menyuarakan aspirasinya di Mako Lanal Batuporon.

Seluruh rangkaian uji terampil Glagaspur P-1 dan P-2 Lanal Batuporon selesai dilaksanakan dengan baik. Katim menyampaikan apresiasi atas semangat tinggi dan masih dikuasainya kemampuan dasar prajurit Lanal Batuporon dalam situasi pelaksanaan tugas protokoler yang padat masih bisa melaksanakan uji terampil dengan baik.