LATIHAN PUNCAK “JALAYUDHA” TARUNA AAL

LATIHAN PUNCAK “JALAYUDHA” TARUNA AAL

TNI AL
Surabaya, 1 November 2018,Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-64 melaksanakan latihan praktek “Jalayudha” selama kurang lebih 30 hari melalui rute Surabaya – Lampung – Dumai – Ranai – Palembang – Surabaya dengan menggunakan alutsista KRI Abdul Halim Perdana Kusuma-355 dan KRI Teluk Banten-516 yang diberangkatkan Direktur Perencanaan dan Pengembangan AAL Kolonel Laut (P) Fransiscus Herman, S.S.T., di dermaga Koarmada II TNI AL Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (1/11) serta dihadiri para pejabat utama AAL.
           
Dalam amanat tertulis pada acara pelepasan, Gubernur AAL Laksamana Pertama TNI Muhammad Ali, S.E., M.M.,  mengatakan, latihan “Jalayudha” merupakan puncak kegiatan latihan pelayaran bagi Taruna/Taruni AAL. Latihan yang melibatkan seluruh Taruna/Taruni AAL tingkat IV ini, juga memberikan pengalaman dalam mengoperasikan kapal kombatan sebagai media latihan, sehingga diharapkan dapat membangkitkan jiwa patriotisme dan militansi para Taruna/Taruni sebagai modal dasar prajurit-prajurit bahari yang tangguh dan pantang menyerah. “Selain itu, kecintaan terhadap laut sebagai ruang hidup harus terus dipupuk dan dikembangkan, khususnya bagi generasi muda calon-calon pemimpin masa depan,” ujarnya.
Latihan “Jalayudha” bagi Taruna AAL tingkat IV merupakan salah satu materi lattek dari komponen profesi dasar Korps Taruna AAL. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan bekal keterampilan dan kompetensi dasar operasi laut sesuai pelajaran profesi yang telah diterima.