Pangkoarmada I Adakan Kunjungan Kerja Ke Singapura Dalam Rangka Port Visit Jala Garda Pati 2018

TNI AL

PK,.Jakarta, 13 Nopember 2018,– Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., didampingi  Danguspurla Koarmada I, Danguskamla Koarmada I, Asrena Pangkoarmada I, Asintel Danguskamla Koarmada I, Komandan KRI Bung Tomo-357, dan Komandan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 melaksanakan kunjungan kerja ke Singapura selama tiga hari mulai 11 hingga 13 Nopember 2018 dalam rangka Port Visit Jala Garda Pati Tahun 2018.

Kunjungan kerja Pangkoarmada I ke Singapura, diisi dengan berbagai agenda kegiatan diawali dengan undangan acara jamuan makan malam bersama Commander MSTF Col. Seah Poh Yeen beserta Staf. Dihari pertama,  Pangkoarmada I berkesempatan meninjau fasilitas yang ada di International Fusion Center (IFC) Changi C2 Center dan menerima paparan tentang keamanan di Selat Singapura oleh  RSN serta diskusi tentang prosedur yang ada di IFC. Agenda dilanjutkan dengan peninjauan ke RSS Indomitable salah satu kapal baru RSN jenis LMV (Litoral Mission Vessel) di Changi Naval Base serta kunjungan ke Museum Navy di Changi Naval Base. Selanjutnya Pangkoarmada I melaksanakan kunjungan kehormatan (Courtesy Call) kepada COS Naval Staf Rear Admiral Timothi Lo di Mindef.

Kegiatan kunjungan kerja Pangkoarmada I di Singapura diakhiri dengan kegiatan Cocktail Party yang dilaksanakan di KRI I Gusti Ngurah Rai-332 yang sandar di Dermaga Changi Naval Base, dimana kegiatan tersebut dihadiri oleh Dubes RI untuk Singapura Bapak Ngurah Swajaya beserta istri, Commander MSTF Col. Seah Poh Yeen beserta Staf serta Athan Indonesia untuk Singapura.

Dalam kegiatan Cocktail Party di KRI I Gusti Ngurah Rai-332, para tamu dan undangan disuguhkan dengan berbagai kesenian khas Indonesia diantaranya Tarian Reog dari Ponorogo, Tari Tor-tor dari Sumatera Utara, Tari Jaranan dari Jawa Timur, Tari Saman dari Aceh, Tari Kelono Topeng dari Cirebon, Tari Kecak Cerita Rama Shinta dari Bali, serta penampilan Band KRI dan Kesenian Angklung. Acara ditutup dengan Tarian khas asal Nusa Tenggara Timur Gemu Famire yang diikuti oleh seluruh undangan.

Baca Juga :  Exit Briefing Komandan Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir, Akhiri Masa Tugas

Selain menggelar Cocktail Party di KRI I Gusti Ngurah Rai-332, juga digelar Pameran dan Stand Souvenir Nusantara di KRI Bung Tomo-357 yang menyediakan berbagai aneka kerajinan tangan khas Indonesia yang disediakan bagi pengunjung. Kegiatan ini juga sebagai sarana promosi budaya dan pariwisata Indonesia kepada warga Singapura.