PANGKOARMADA II HADIRI PEMBUKAAN RAKOR RENAKU II TNI AL TAHUN 2018

TNI AL
PK,.Surabaya, 21 November 2018,.Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si. menghadiri acara pembukaan Rapat Koordinasi Perencanaan  dan Keuangan (Rakor Renaku) II TNI Angkatan Laut Tahun 2018, dan asistensi rengiat TNI Angkatan Laut 2019 yang dipimpin oleh Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. bertempat di Wisma Perwira Lanudal Juanda, Sidoarjo. Rabu, (21/11/2018).
Kegiatan Rakor Renaku II TNI Angkatan Laut Tahun 2018 dan asistensi rengiat TNI Angkatan Laut 2019 yang berlangsung mulai tanggal 21 s.d. 23 November 2018  ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta. Dilanjutkan dengan laporan Ketua Penyelenggara Rakor Renaku  II TNI Angkatan Laut Tahun 2018 Asrena Kasal) Laksamana Muda TNI Arusukmono I.S., SE., M.M.
Dalam amanatnya Kasal menyampaikan, bahwa Rakor Renaku merupakan forum kesiapan untuk melaksanakan rencana kerja TNI AL T.A 2019 dengan menyusun rencana pertahanan pekerjaan secara tepat dengan proses tender atau lelang sesuai aturan dan pengawasan secara periodik.
Lebih lanjut Kasal mengungkapkan jika pada Rakor Renaku kali ini memprioritaskan pada beberapa hal, yakni kegiatan pemeliharaan dan perawatan alutsista, pembangunan sarana dan prasarana Pos TNI AL (Posal) yang berada di daerah perbatasan Koarmada III dan Pasmar 3, pembangunan dermaga dan rumdis, pengadaan senjata, amunisi serta pengadaan alutsista dalam rangka pemenuhan MEF.
“Dinamika lapangan menunjukkan bahwa selalu terjadi perubahan kepemimpinan di tubuh TNI Angkatan Laut. Perubahan ini bisa menimbulkan menimbulkan kendala karena segala peraturan kembali dari nol lagi. Oleh sebab itu peran perwira menengah setingkat Letkol dan Kolonel dalam menyusun anggaran sangat di perlukan dalam kaitannya dengan  pengadaan alutsista,”  tandas Kasal.
Mengakhiri sambutannya, Kasal menekankan program kerja tahun 2019 dilaksanakan secara konsisten, transparan dan akuntabel, serta tepat waktu. Juga diperlukan pengawasan secara ketat, dengan bertindak secara bijaksana terutama mengenai perekrutan personel TNI Angkatan Laut dari perwira sampai tamtama harus ditata ulang agar bisa mendapatkan prajurit yang handal.
Acara di lanjutkan dengan sosialisasi tentang mekanisme pelaksanaan anggaran belanja negara di lingkungan Kemhan dan TNI oleh Direktur Pelaksanaan Anggaran Dirjen perbendaharaan negara Kementrian Keuangan  Wiwin Istanti, S.E., A.K.M., LAWS, dan dilanjutkan pemberian cinderamata oleh Asrena Kasal kepada ibu Wiwin.
Pada kesempatan tersebut, Asisten perencanaan dan anggaran Kasal  (Asrena Kasal) Laksamana Muda TNI Arusukmono I.S., SE., M.M. menindaklanjuti sambutan Kasal, dengan memberikan pengarahan tentang penghematan anggaran serta rencana pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut ke depan.
Hadir pada acara tersebut, para Pejabat Utama Mabesal, Pangkotama TNI AL Surabaya, Kaskoarmada II, Para Komandan Lantamal, serta seluruh peserta Rakor Renaku II TNI Angkatan Laut.